alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Bawaslu Tertibkan Ratusan APK-BK

PURWOREJO, Radar Bromo – Pelanggaran terkait alat peraga kampanye (APK) masih banyak terjadi pada Pilwali Pasuruan 2020. Bawaslu pun menertibkan ratusan APK berbagai bentuk memasuki pertengahan masa kampanye saat ini.

Ketua Bawaslu Kota Pasuruan Moh Anas mengatakan, pihaknya selalu memantau pemasangan alat peraga kampanye dua paslon yang sedang bersaing merebut simpati pemilih. Bawaslu juga menekankan agar alat peraga kampanye benar-benar dipasang sesuai dengan ketentuan.

“Lokasi pemasangan dan lokasi yang dilarang dipasang APK sudah jelas. Itu kan sudah disepakati bersama KPU. Makanya kami pastikan agar di lapangan juga tidak menyalahi ketentuan yang ada,” kata Anas.

Akan tetapi, tidak sedikit APK yang masih melanggar. Tidak hanya terkait lokasi pemasangan saja. Melainkan juga ukuran APK itu sendiri yang tidak sesuai dengan ketentuan KPU. Karena itu, mau tak mau APK yang melanggar harus ditertibkan.

Anas mengaku, memasuki pertengahan masa kampanye saat ini, ada ratusan APK yang ditertibkan. Bawaslu juga melibatkan Satpol PP untuk menertibkan APK tersebut. “Sebanyak 203 APK sudah kami tertibkan. Ada yang memang melanggar lokasi pemasangan dan ukuran tidak sesuai,” jelasnya.

Selain APK, Bawaslu juga mendapati pelanggaran bahan kampanye (BK) yang jumlahnya tidak kalah banyak. Yakni mencapai 200 lembar. Menurut Anas, sebagian besar BK berupa poster. Seharusnya, poster itu hanya dibagi-bagikan kepada masyarakat.

“Tapi yang kami temukan ini, banyak poster yang justru ditempel di tembok, gapura dan lainnya. Ini tidak boleh. Semestinya dibagikan saja,” tuturnya. (tom/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU