Sidang di PN Pasuruan juga Bakal Digelar Online

PASURUAN, Radar Bromo – Sidang secara online juga bakal digelar di PN Pasuruan. Rencananya, mulai pekan ini sidang online mulai diterapkan. Sampai Senin (30/3), persiapannya terus dilakukan. Sidang online rencananya akan dilakukan di tiga lokasi berbeda.

Untuk majelis hakim berada di PN Pasuruan; Jaksa Penuntut Umum (JPU) berada di Kejaksaan Negeri (Kejari) Pasuruan, sementara penasihat hukum (PH) dan terdakwa berada di Lapas Pasuruan.

“Ada tiga tempat yang digunakan untuk sidang online ini. Nantinya baik majelis hakim, JPU, PH, hingga terdakwa akan saling terhubung dengan telekonferensi,” ungkap Humas PN Pasuruan Rahmat Dahlan.

Pihak PN sudah mendapatkan persetujuan dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Badan Peradilan Umum untuk melaksanakan sidang secara online. Sehingga, mulai awal April ini persidangan pidana sudah bisa dilaksanakan secara online.

Rahmat menjelaskan, meski dilaksanakan secara online, namun persidangan nantinya tetap sama seperti sidang pada umumnya. Terdakwa maupun PH tetap dapat mengajukan keberatan atau sanggahan pada JPU dan majelis hakim. Begitu pula sebaliknya. Sedangkan untuk saksi, dihadirkan di kantor kejaksaan.

Rencananya kalau tidak ada halangan, sidang online perdana akan dilaksanakan mulai 1 April. Dan untuk sementara persidangan steril dari pengunjung yang ingin menyaksikan.

“Sementara steril dulu. Untuk meminimalisasi kontak dengan banyak orang. Sesuai maklumat dari Mahkamah Agung sampai penyebaran korona ini sudah dipastikan aman di Indonesia,” sebut Rahmat. (riz/mie)