Jumlah Pendaftar PPK untuk Pilwali Terus Berkurang

PASURUAN, Radar BromoJumlah pelamar Panitia Pemilihan Kecamatan KPU Kota Pasuruan terus berkurang. Kamis (30/1), ada dua pendaftar yang lolos seleksi administrasi dengan sendirinya gugur karena tidak ikut seleksi tertulis.

Komisioner KPU Kota Pasuruan Nanang Abidin mengatakan, pendaftar yang lolos seleksi administrasi berjumlah 139 orang. Namun, tak semuanya lantas berhak mengikuti seleksi tertulis.

Sebab, dua pendaftar tak mengambil kartu peserta. Sesuai jadwal yang ditetapkan KPU, pengambilan kartu peserta dilakukan selama dua hari sebelum seleksi tertulis digelar. “Selama pengambilan kartu seleksi, ada dua yang tidak mengambil, jadi tidak ikut juga dalam seleksi tulis,” ujarnya.

Dengan begitu, hanya ada 137 pendaftar yang mengikuti seleksi tertulis, kemarin. Nanang menyebut, hasil seleksi itu akan diumumkan dalam waktu dekat. Pendaftar yang lolos, kemudian masih harus menjalani seleksi tahap akhir. “Tahap terakhir ada proses wawancara terkait dengan kesiapan mereka sebagai PPK,” tutur Nanang.

Sebelumnya, ada 150 pelamar yang berminat menjadi PPK. Namun, dari jumlah itu ada 11 pendaftar dinyatakan tidak memenuhi syarat administrasi. Jumlahnya terus berkurang, setelah ada dua peserta tidak mengikuti tes tulis. (tom/rud/fun)