alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Pemeliharaan Jalan Nasional Hanya Dialokasikan Rp 13 Miliar

PASURUAN, Radar Bromo – Sejumlah ruas jalan nasional mulai dari Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, hingga Kota Probolinggo, tahun depan dipastikan tidak akan banyak berubah. Sebab, Balai Besar Pemeliharaan Jalan Nasional (BBPNJN) VIII, tidak mengalokaiskan anggaran pembangunan. Namun, tetap ada anggaran pemeliharaan rutin.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII wilayah Gempol Pasuruan-Probolinggo Rudy Napitupulu mengatakan, tahun depan anggaran jalan nasional turun lebih dari separo. BBPJN VIII hanya diberi anggaran Rp 13 miliar dari Pusat. Karena itu, pihaknya tidak akan melakukan rehab berat.

“Jika tahun ini kami dapat Rp 34 miliar, tapi tahun depan kami hanya diberi Rp 13 miliar. Makanya fisik berat sepertinya tidak ada. Kami fokus pada pemeliharan saja,” ujarnya.

Rudy menjelaskan, teknis pemeliharaan tidak berbeda dengan tahun ini. Yakni, tim di lapangan akan terus mobile mulai dari Gempol hingga Kota Probolinggo. Jika ditemukan ruas jalan yang membahayakan mulai dari berlubang hingga bergelombang, akan segera ditangani.

“Tentu penanganan nantinya berdasarkan kondisi di lapangan. Jika berlubang pasti akan diaspal,” ujar Rudy. (riz/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU