alexametrics
24.3 C
Probolinggo
Sunday, 6 December 2020

Liburan, Penumpang Bus di Terminal Unsur Naik Meski Hanya Sedikit

BUGUL KIDUL, Radar Bromo – Momen libur panjang karena Maulid Nabi dan cuti bersama ikut berdampak pada penumpang terminal Untung Suropati (Unsur) Kota Pasuruan. Pada hari perdana libur panjang mulai Rabu (28/10), jumlah penumpang yang menaiki bus antar kota dalam provinsi (AKDP) di terminal setempat naik lipat dua dari hari biasa.

Pengawas Angkutan Jalan dan Terminal pada Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Probolinggo Dishub Jatim, Yulianto mengungkapkan, ada kenaikan penumpang AKDP. Jika pada Selasa (27/10) tercatat hanya ada 73 bus dan 480 penumpang sejak pukul 07.00 hingga 19.00, tapi hari perdana libur panjang ini tercatat ada 78 bus dan 820 penumpang.

“Ada kenaikan penumpang yang menaiki AKDP. Mayoritas penumpang ini mengarah ke Surabaya, Malang dan Mojokerto. Memang ada yang ke arah Jember atau Probolinggo, namun tidak banyak,” ungkapnya.

UNTUK PENCEGAHAN: Operasi yustisi yang digelar petugas kepolisian dan satgas terminal. (Foto: Istimewa)

Yulianto menjelaskan kenaikan penumpang ini bisa disebabkan adanya momen libur panjang ini. Dimungkinkan banyak masyarakat yang memilih untuk memanfaatkan libur panjang demgan bepergian ke luar kota, baik untuk berkunjung ke keluarga atau berwisata. Dishub sendiri tidak melarang hal ini, asalkan masyarakat tetap patuh pada protokoler kesehatan (prokes) seperti menggunakan masker dan menghindari kerumunan selama bepergian.

“Dishub sendiri tetap berkomitmen menyukseskan aturan tatanan kehidupan baru. Pengemudi dan penumpang bus AKDP rutin kami beri imbauan agar selalu patuh pada aturan prokes. Ini untuk kebaikan kita semua,” terang Yulianto.

Sementara itu, Kamis (29/10) juga digelar operasi yustisi di terminal Unsur. Operasi dipimpin Kapolsek Bugul Kidul Kompol Suprihatin, Bersama jajaran satgas terminal. Operasi digelar mulai pukul 08.00 hingga 09.00, dengan memberikan edukasi dan hukuman push up serta mengucapkan Pancasila kepada 9 orang di area terminal, yang tidak memakai masker.

Dengan adanya operasi yustisi ini, diharapkan ke depan masyarakat akan lebih tertib dan mematuhi melaksanakan keprotokolan kesehatan sehingga pandemi Covid-19 ini segera berakhir. (riz/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Giliran Temukan Pintu Besi Bermotif Bunga di Goa Jepang

Temuan penting kembali didapati tim ekskavasi di Goa Jepang di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

BERITA TERBARU

Stok Garam di Kab Pasuruan Masih Tersisa 2.200 Ton

Sampai awal Desember ini, stok garam hasil produksi petambak garam di Kabupaten Pasuuran belum seluruhnya terserap pasar.

Hewan Ternak Rentan Sakit Ini saat Musim Hujan

Musim hujan yang mengguyur Kabupaten Probolinggo sejak beberapa waktu lalu berpengaruh terhadap kesehatan hewan ternak.

Tekan Covid-19; Disiplin 3M Sama Pentingnya dengan Vaksin

Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan masih menjadi keharusan, meskipun program vaksinasi nantinya telah dijalankan.

Terdampak Pandemi, Pilot pun Nyambi Bisnis Online Shop

pilot maskapai penerbangan nasional ini mengaku, pendapatannya berkurang 30 persen sejak pandemi.

Musim Hujan, Saatnya Mulai Waspadai Demam Berdarah Dengue

Dinkes Kabupaten Probolinggo mengimbau agar masyarakat tak abai terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).