alexametrics
28.6 C
Probolinggo
Sunday, 29 November 2020

Ajak Warga Binaan di Lapas Pasuruan Tak Golput saat Pilwali Nanti

PURWOREJO, Radar Bromo – Tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilwali Pasuruan 2020 diharapkan memenuhi target meski digelar di tengah pandemi. Karena itu, KPU terus menyosialisasikan hajatan politik ke semua segmen pemilih. Tak terkecuali, pemilih yang sedang menjalani masa hukuman di Lapas IIB Pasuruan.

“Kami pastikan bahwa warga binaan juga memiliki hak untuk memberikan suara dalam Pilwali. Karena itu merupakan hak dasar yang dijamin oleh negara dalam undang-undang,” jelas Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari.

Dia menambahkan, sosialisasi kepada pemilih di lapas itu menjadi penting. Sebab, mereka diwajibkan mengikuti peraturan sebagai warga binaan. Sehingga keleluasaan mendapat informasi secara utuh terkait Pilwali juga berbeda dengan pemilih lainnya.

“Makanya kami lakukan sosialisasi secara maksimal termasuk kepada warga binaan demi meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilwali ini,” tambahnya.

Pihaknya menyampaikan bahwa pilwali diikuti oleh dua kontestan. Yakni paslon nomor urut 1 Saifullah Yusuf-Adi Wibowo dan paslon nomor urut 2 Raharto Teno Prasetyo-Mochammad Hasjim Asjari. Royce juga memaparkan beberapa hal yang membedakan pilwali kali ini dengan pemilihan sebelumnya.

Sebab setiap pelaksanaan nanti harus dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat. Seperti pengecekan suhu tubuh kepada pemilih yang datang ke TPS, serta adanya bilik khusus untuk pemilih dengan suhu tubuh 37,3 derajat celsius ke atas.

Selain itu, pemilih juga akan diberikan sarung tangan untuk digunakan ketika mencoblos di bilik khusus. Sedangkan paku untuk mencoblos akan disterilkan berkala. Setelah mencoblos, tinta penanda tidak lagi dicelupkan, tetapi disemprot.

Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Perencanaan dan Data Mukhamad Zahid menyebut ada 141 pemilih di lapas. Ratusan data pemilih itu sudah tercantum dalam daftar pemilih tetap (DPT). Mereka tercatat dalam TPS 21 yang akan didirikan di dalam lapas.

“Kami berharap partisipasi masyarakat dalam memilih kian meningkat. Dengan demikian, jumlah surat suara yang tidak sah diharapkan akan berkurang,” jelasnya. (tom/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Pencarian Hari Ketiga, Temukan Mayat di Perairan Gili, Diduga Wahyu

Pihak keluarga masih ragu itu jasad dari Wahyu Ibrahim, sebab kondisinya sudah agak susah dikenali. Tetapi, ada satu ciri fisik yang sama. Yakni, ada bekas jahitan di paha sebelah kanan.

Hujan Deras, Dua Dapur Warga Pakuniran Tergerus Longsor

Hujan deras disertai angin kencang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Probolinggo. Salah satunya mengakibatkan longsor di Kecamatan Pakuniran dan Kecamatan Lumbang.

Hindari Sepeda, Bus Masuk Sungai, Pesepeda Asal Wonorejo Meninggal

Malang nasib Sujono. Kakek berusia 65 tahun itu meninggal setelah tertabrak bus saat hendak menyeberang jalan, Sabtu (28/11).

Semalam, Dua Motor Warga Kerpangan Dimaling

Sabtu (28/11) dini hari, kawanan maling menggondol dua motor milik Adi Cahyono, warga Desa Kerpangan, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Pembangunan Gedung PSC Diburu Waktu, Tapi Optimistis Selesai

Hingga mendekati batas waktu penyelesaian, belum sepenuhnya gedung berlantai dua itu, rampung dikerjakan. Hingga saat ini, baru sekitar 90 persen direalisasikan.