alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Long Weekend Libur Lebaran, Penumpang Kereta Api Meningkat

PASURUAN, Radar Bromo– Memasuki long weekend yang bersamaan dengan momen libur hari raya Idul Adha, jumlah penumpang kereta api (KA) di wilayah Daop 9 Jember mengalami peningkatan walau tidak signifikan. Kondisi ini juga disebabkan karena pengguna kereta api (KA) sudah semakin mematuhi protokol kesehatan.

Manajer Humas Daop 9 Jember, Mahendro Bawono mengungkapkan, dari catatan Daop, selama long weekend atau empat hari ke depan ada peningkatan penumpang. Pada 30 Juli, diketahui pengguna KA sebanyak 505 orang, pada 31 Juli sebanyak 161 orang, pada 1 Agustus sebanyak 79 penumpang dan pada 2 Agustus sebanyak 173 penumpang.

Jumlah ini meningkat dibandingkan pada rata-rata Juni lalu, yang saat itu selalu berada di bawah 100 penumpang secara harian. Dan ini masih bisa berubah pada hari H. Sebab biasanya ada penumpang yang baru beli tiket perjalanan di stasiun pada hari tersebut. Namun pihaknya mengakui kondisi ini memang masih jauh dibandingkan saat normal dimana rata rata hariannya bisa berkisar 400 sampai 700 penumpang.

Long weekend ada peningkatan, cuma belum siginfikan dibandingkan saat hari normal. Cuma masyarakat sudah berani untuk bepergian sejak adanya pandemi Covid 19 menyerang Indonesia,” ungkapnya.

Mahendro menjelaskan, peningkatan ini tidak terlepas dari masyarakat yang sudah mulai mematuhi aturan kesehatan. Mereka datang membawa bukti surat sehat dan bersedia mengikuti protokoler yang berlaku di stasiun mulai dari menggunakan masker, jaga jarak dan mencuci tangan di tempat yang sudah disipakan. Daop 9 sendiri berharap agar ke depannya penumpang di wilayahnya semakin sadar dengan aturan ini.

“Memang ada kebijakan pembatasan penumpang hingga 50 persen dalam satu gerbong. Kalau normal di stasiun probolinggo atau pasuruan saja saat akhir pekan bisa mencapai 250 orang,” sebut Mahendro. (riz/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU