Proyek Lanjutan Kampung Religi di Kandangsapi Dilelang Juli

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Rencana Pemkot Pasuruan merampungkan proyek pembangunan kampung religi terus dimatangkan. Meski saat ini proyek lanjutan itu hanya tersisa di satu kawasan lantaran adanya refocusing kegiatan untuk menangani virus korona.

Nantinya, proyek akan dikerjakan di Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo saja. Sedangkan untuk lanjutan proyek di Kelurahan Kebonsari tak direalisasikan tahun ini. Sebab, anggarannya sudah digeser untuk penanganan Covid-19.

Kabid Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan Uung Maf’udi Dja’far menguraikan, pihaknya kini tengah mematangkan persiapan pembangunan kampung religi tersebut.

Pemkot sudah menyediakan anggaran sebesar Rp 478 juta untuk merealisasikan lanjutan proyek yang dimulai sejak tahun lalu. “Untuk perencanannya sudah final, sehingga menunggu pengajuan lelang,” kata Uung.

Menurut dia, proyek lanjutan itu hanya akan melengkapi sejumlah infrastruktur saja. Terutama, infrastruktur yang menunjang keberadaan kampung religi. Di antaranya seperti lampu penerangan, penunjuk arah jalan, serta gapura selamat datang di jalan menuju kawasan alun-alun.

“Kemudian, juga ada pembangunan taman untuk mempercantik kawasan kampung religi tersebut,” ungkapnya.

Kampung wisata itu sendiri dibangun untuk memudahkan pengunjung pejalan kaki. Karena itu, kampung wisata dibangun dengan menentukan rute awal yang berada di Terminal Wisata. Kemudian, pengunjung diarahkan menuju Makam Mbah Hamid di barat alun-alun. (tom/mie)