Program Padat Karya Tetap Berjalan Walau Ada Pandemi

PURWOREJO, Radar Bromo – Adanya pandemi virus Covid-19 yang melanda Kota Pasuruan tidak lantas membuat program padat karya tahun ini urung dilakukan. Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pasuruan memastikan program padat karya akan tetap dilaksanakan. Pelaksanaannya menunggu situasi mulai membaik.

Kepala Disnaker Kota Pasuruan, Mahbub Effendi mengungkapkan, program padat karya tetap berlanjut tahun ini. Anggaran yang dialokasikan sama seperti tahun 2019 lalu yakni sebesar Rp 572 juta dari APBD 2020.

“Tetap akan dilaksanakan tahun ini. Cuma pelaksanaannya mungkin setelah mulai membaik. Kalau sekarang kan tidak mungkin terlaksana. Sebab tidak boleh ada kerumunan,” ungkapnya.

Mahbub menjelaskan anggaran ratusan juta ini disiapkan untuk honor bagi masyarakat yang ikut program ini. Masing-masing mereka akan menerima honor Rp 50 ribu setiap harinya. Setiap pekannya mereka bekerja selama enam hari mulai pukul 07.00 sampai pukul 11.00.

Menurutnya program padat karya ini diharapkan bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Sasarannya untuk menyerap tenaga kerja yang tidak memiliki pekerjaan tetap. Seperti kuli bangunan atau tukang dan pekerjaan lainnya yang hari kerjanya tidak menentu. (riz/fun)