Pemasangan PJU di Sejumlah Titik di Kota Pasuruan Tunggu Lelang

GADINGREJO, Radar Bromo – Rencana pemasangan puluhan penerangan jalan umum (PJU) baru di sejumlah titik di ruas jalan perkotaan terus dimatangkan. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan menargetkan pemasangan PJU akan dilakukan pada triwulan ketiga tahun ini. Sebab pihaknya masih harus melakukan tahap lelang terlebih dahulu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) PJU pada Dishub Kota Pasuruan, Andriyanto mengungkapkan, pemasangan PJU tetap akan dilakukan sesuai rencana. Dishub berharap agar seluruh PJU baru bisa terpasang sebelum tahun anggaran 2020 berakhir. Dishub sendiri sudah melalukan tahap perencanaan.

“Perencanaan sudah rampung pertengahan April lalu. Mudahan sekitar Mei atau Juni sudah masuk lelang. Sehingga sebelum tahun ini berakhir bisa selesai tepat waktu,” ungkapnya.

Andri -sapaan akrabnya- menjelaskan sesuai rencana awal Dishub akan memasang 378 titik PJU baru di sejumlah jalur perkotaan. Lokasinya memang diutamakan di Jalan yang dinilai belum memiliki penerangan yang cukup. Terutama di daerah utara Kota Pasuruan.

Seperti Jalan Lombok, Jalan Kalimantan, Jalan Hang Tuah, Jalan Sulawesi, Jalan Halmahera, Jalan Maluku dan Jalan Banda. Ruas jalan utama juga tidak luput mendapatkan perhatian. Seperti Jalan MT Haryono, Jalan Veteran, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Soekarno Hatta.

Dishub juga menambah PJU di jalur yang belum memiliki penerangan. Seperti Jalan Tembus Randusari, Jalan Tembus Krapyakrejo I dan II dan Karangketug dan Jalan Tembus Kepel-Blandongan. Ketiga jalur perkotaan ini memang belum memiliki penerangan sama sekali.

“Pemasangannya tetap sesuai rencana. Ada 378 Titik PJU baru yang akan kami pasang tahun ini. Total anggaran yang dialokasikan senilai 6,6 miliar dan tersebar di 23 ruas jalan perkotaan,” sebut Andri. (riz/fun)