Radar Bromo

Tetap Wajibkan Sterilisasi Pengunjung-Personel untuk Cegah Virus Korona

PURWOREJO, Radar Bromo – Upaya pencegahan penyebaran virus korona terus dilakukan oleh Polres Pasuruan Kota. Korps Bhayangkara ini memberlalukan sterilisasi bagi pengunjung maupun anggota Polres yang masuk ke Mapolres setempat.

Pemberlakukan sterilisasi ini dilakukan sejak Senin lalu (23/3). Setiap pengunjung yang datang akan diminta untuk memasuki bilik berukuran sekitar 2×3 meter. Di sini mereka akan disemprot dengan cairan disinfektan.

Kasubag Humas Polres Pasuruan Kota, AKP Endy Purwanto mengungkapkan bilik sterilisasi ini merupakan upaya pihak kepolisian untuk mencegah virus korona di Kota Pasuruan. Ini atas petunjuk dan imbauan dari Polri. Sehingga masyarakat selalu dalam kondisi aman dan baik.

“Ini sudah kami lakukan sejak hampir dua pekan ini. Siapapun yang datang ke Mapolres harus melewati bilik berbentuk kotak ini. Ini juga atas permintaan dari Kapolres Pasuruan Kota, AKBP Dony Alexander,” ungkapnya.

Ia menyebut Polres Pasuruan Kota tidak membeda bedakan perlakukan. Semua anggota kepolisian termasuk masyarakat yang membutuhkan pelayanan polri harus melalui prosedur standar ini. Sehingga setiap masyarakat yang hendak membutuhkan bantuan, harus masuk ke kotak sterilisasi atau dekontamination box untuk disemprot cairan disinfektan kemudian.

Tak hanya itu, usai keluar dari kotak mereka wajib cuci tangan di lokasi yang sudah disediakan tidak jauh dari bilik sterilisasi ini. Sebab menurutnya melakukan pencegahan itu lebih baik daripada mengobati. Tentunya dengan rajin melakukan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta menjaga kondisi tubuh tetap baik dengan istirahat dan makan cukup.

“Alhamdulillah selama ini sudah berjalan lancar. Kami sampaikan permintaan terima kasih atas pengertian dan pemahaman dari masyarakay untuk selalu mengikuti prosedur yang ada,” sebut Endy. (riz/fun)