Bantuan PKH Tahap Dua di Kota Pasuruan Telan Rp 3,2 Miliar

PASURUAN, Radar Bromo – Dana yang digelontorkan pemerintah untuk merealisasikan bantuan program keluarga harapan (PKH) di Kota Pasuruan menurun. Dibandingkan tahap pertama, dana yang disalurkan pada tahap kedua lebih sedikit.

Hal itu dikarenakan adanya perubahan data komponen penerima bantuan. Sebab data tersebut selalu diverifikasi setelah tahap penyaluran.

Pada tahap kedua, ada 4.579 penerima bantuan. Sedangkan pada tahap pertama, tercatat 4.558 penerima bantuan. Meski jumlah penerimanya lebih banyak, ternyata dana yang dibutuhkan berkurang.

Misalnya pada tahap pertama, mengeluarkan dana senilai Rp 3.271.125.000. Sementara pada tahap kedua, memerlukan dana senilai Rp 3.217.375.000. “Setiap tahap penyaluran memang berbeda, karena pada saat verifikasi ada perubahan data,” kata Kabid Perlindungan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sugianto.

Menurutnya, penyaluran bantuan tahap kedua sudah berjalan. Hanya saja realisasinya belum bisa 100 persen. Hal itu juga merupakan dampak dari penyebaran Covid-19.

“Progres penyaluran bantuan mengalami perlambatan. Karena harus mengikuti ketentuan pencegahan virus korona,” bebernya. (tom/fun)