BPBD: Masyarakat Harus Waspada Banjir Karena Cuaca Tidak Menentu

PURWOREJO, Radar Bromo – Sejak beberapa hari terakhir, cuaca di Kota Pasuruan tidak menentu. Kadang hujan deras, namun tiba-tiba cuaca sangat panas. Namun, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan meminta masyarakat tetap mewaspadai datangnya banjir.

Kasi Pencegahan dan Penanggulangan Bencana BPBD Kota Pasuruan Catur Aldoko mengatakan, cuaca di Kota Pasuruan memang tidak menentu. Kondisi ini tidak terlepas dari rekayasa cuaca yang dilakukan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNBP).

Hal ini menyebabkan musim hujan tidak separah tahun lalu. Bahkan, terkadang dalam beberapa hari tidak hujan. Sebaliknya, cuaca menjadi cukup panas saat siang hari. Rata-rata suhu saat siang sekitar 32 derajat Celsius. “Cuaca saat ini memang tidak menentu. Hujan juga tidak selalu turun seperti tahun lalu. Mungkin dampak rekayasa cuaca dengan penaburan garam ke laut,” ujarnya.

Namun, Catur meminta agar masyarakat tetap selalu waspada. Sebab, kendati cuaca tidak menentu, bencana banjir masih dimungkinkan terjadi. Sebab, dari perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), hujan deras disertai angin masih rawan terjadi hingga bulan depan.

Menurutnya, pihaknya bersama sejumlah relawan selalu siap siaga 24 jam. Karenanya, jika terjadi bencana, baik berupa banjir maupun puting beliung, pihaknya bisa langsung menanganinya. “Banjir masih mungkin meski di Kota Pasuruan, hujan tidak seperti tahun lalu. Sebab, potensi hujan deras masih tinggi hingga Februari mendatang,” ujar Catur. (riz/rud/fun)