alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Bawaslu Limpahkan Laporan Skor Debat ke Polres

PASURUAN,Radar Bromo – Bawaslu Kota Pasuruan, menyatakan laporan dugaan pelanggaran pilkada terkait adanya skor debat kedua Pilwali Pasuruan 2020, memenuhi syarat formil dan materil. Namun, kemudian laporan ini dilimpahkan ke Polres Pasuruan Kota, karena dinilai bukan pelanggaran Pilkada.

Komisioner Bawaslu Kota Pasuruan Awanul Mukhris mengatakan, pihaknya sempat memberi waktu kepada pelapor untuk melengkapi syarat formil dan materil selama dua hari. Pihaknya juga melakukan kajian terhadap laporan dari tim relawan paslon nomor urut 2, Raharto Teno Prasetyo. “Pelapor sudah memenuhi syarat-syaratnya. Kemudian, kami lakukan kajian dan putuskan bahwa ini bukan pelanggaran Pilkada,” ujarnya.

Karena dinyatakan bukan pelanggaran Pilkada, Bawaslu juga tidak berwenang menanganinya. Mukhris menyebutkan, laporan soal skor debat itu sudah masuk ranah pidana. “Sehingga bukan wewenang Bawaslu untuk menanganinya, karena ini berkaitan dengan UU ITE,” jelasnya.

Karenanya, pihaknya meneruskan laporan ini ke Polres Pasuruan Kota. “Kami teruskan ke instansi yang berwenang. Dalam hal ini kepolisian. Sehingga, proses penanganan selanjutnya ada di kepolisian,” ujarnya.

Sebelumnya, Relawan Bolo Tegas melaporkan dugaan penyebarluasan kabar hoaks setelah beredarnya gambar di media jejaring sosial yang memuat skor debat. Dalam gambar skor debat itu, tertulis sumber data berasal dari Penilaian Tim Ahli Koalisi Pemantau Pemilu Indonesia.

Penilaian dilakukan pada enam segmen debat yang berlangsung. Dengan akumulasi skor paslon Saifullah Yusuf-Adi Wibowo sebanyak 510, sedangkan skor paslon Raharto Teno Prasetyo-Mochammad Hasjim Asjari sebanyak 194. (tom/rud)

MOST READ

BERITA TERBARU