Waspadai Kebakaran saat Kemarau, Terutama Akibat Human Error

PURWOREJO, Radar Bromo – Memasuki musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan meminta masyarakat untuk waspada. Pasalnya, cuaca yang panas dan kering saat siang hari membuat bencana kebakaran sangat rawan terjadi. Masyarakat diminta untuk selalu berhati-hati saat meninggalkan rumah atau membakar rumput dan lainnya.

Kasi pencegahan dan penanggulangan bencana pada BPBD Kota Pasuruan Catur Aldoko mengungkapkan, saat ini sejumlah daerah sudah memasuki musim kemarau. Salah satunya adalah Kota Pasuruan. Ini, ditandai dengan cuaca saat siang hari yang sangat terik dan tidak adanya hujan turun selama berhari-hari.

“Walau belum seluruhnya, tapi 50 persen wilayah di Indonesia sudah masuk kemarau. Kota Pasuruan juga sudah mulai mengalami kemarau saat ini,” ungkapnya.

Catur menjelaskan, pihaknya berharap agar masyarakat selalu berhati-hati saat kemarau ini, sebab kebakaran sangat rawan terjadi. Apalagi di Kota Pasuruan, mayoritas kebakaran disebabkan oleh human error atau kesalahan dari masyarakat sendiri. Misalnya membuang putung rokok sembarangan atau membakar lahan tanpa ditunggu.

Selain itu, ia juga berharap agar masyarakat saat meninggalkan rumah untuk selalu mematikan listrik. Sebab, bisa saja terjadi korsleting listrik yang memicu terjadinya kebakaran. Pihak BPBD sendiri siap siaga selama 24 jam untuk membantu masyarakat jika ada yang butuh bantuan. (riz/fun)