BBPJN VIII: Rigid Jalur Lingkar Selatan Kota Pasuruan Tunggu Hasil Survei Dulu

PASURUAN, Radar Bromo – Usai urung direhab pada 2019 lalu, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII kembali berencana melakukan rigid pada Jalan Urip Sumoharjo, Kelurahan Kebonagung, Kecamatan Purworejo. Rencana rigid pada ruas jalan yang terletak di jalur lingkar selatan (JLS) ini masih menunggu hasil survei tim pelaksana di lapangan.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN VIII wilayah Gempol Pasuruan Probolinggo Rudy Napitupulu mengungkapkan, pihaknya berencana me-rigid Jalan Urip Sumoharjo. Namun, saat ini timnya masih melakukan survei jalan ini bersama dengan pertigaan PIER, Bangil, Kabupaten Pasuruan. Hasil survei nanti yang akan menjadi pertimbangan.

“Nanti kami lihat dari hasil survei mana yang lebih mendesak. Itulah yang akan ditangani lebih dahulu. Karena anggaran yang dimiliki terbatas, maka kami lakukan skala prioritas,” ungkapnya.

Pria asal Kota Medan, Sumut, ini menjelaskan, rencana rigid ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, pihaknya mendapatkan laporan jika kedua ruas jalan ini perlu mendapatkan penanganan. Sebab, ruas jalan setempat sudah berlubang dan bergelombang.

Nantinya penanganan yang akan dilakukan adalah dengan mengganti aspal lama dengan beton agar lebih tahan lama dan kuat. Ditarget pada triwulan keempat rehab akan bisa dilaksanakan.

“Untuk panjang jalan yang akan di-rigid nanti belum bisa kami pastikan. Sebab, kami masih menunggu hasil survei dari tim di lapangan. Setelah ditentukan mana yang akan di-rigid lebih dahulu, maka kami bisa menentukan panjang perbaikan,” sebut Rudy. (riz/fun)