Revitalisasi Pasar Gondangwetan Dilanjut, Tahun Ini Bangun Kios-Los

GONDANGWETAN, Radar Bromo – Revitalisasi Pasar Gondangwetan yang dilakukan sejak tahun lalu bakal dilanjut tahun ini. Untuk melanjutkan pembangunannya, anggaran Rp 3,5 miliar tahun ini telah disiapkan.

Anggaran itu bakal diperuntukkan membangun kios dan los. “Tahun lalu kami bangun Rooftop terlebih dahulu. Dan tahun ini baru dilanjutkan pembangun kios dan los di bawahnya. Anggaran sendiri dari APBD sebesar Rp 3,5 miliar,” terang Edy Suwanto, Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan.

Saat ini revitalisasi lanjutan di Pasar Gondangwetan masih tahap perencanaan. Rencananya akan ada 62 kios dan 66 los yang akan dibangun menggantikan lapak yang ada saat ini.

Menurut Edy, kondisi lapak di pasar setempat memang beragam. Sehingga, kondisinya terlihat semrawut dan kurang bersih serta tertib.

Dengan pembangunan kios dan los itu, harapannya agar pedagang bisa lebih nyaman dan bersih dan tidak ada becek atau genangan air terutama saat musim hujan tiba. Setelah tahap perencanaan, Disperindag menargetkan lelang bisa dilakukan bulan Maret mendatang.

“Revitalisasi Pasar Tradisional ini adalah program Pemkab Pasuruan agar pasar tradisional bisa modern, tertib, dan bersih. Dan tujuannya, agar pedagang dan pembeli nyaman termasuk untuk meningkatkan kesejahteraan pedagang pasar,” ujarnya.

Diketahui, tahun ini merupakan tahun kedua revitalisasi Pasar Gondangwetan. Pada 2019 lalu, dengan anggaran Rp 1,3 miliar, dibangun atap atau rooftop seluas 48 x 25 meter di tengah pasar.

Atap itu bertujuan untuk melindungi area tengah pasar yang dihuni oleh kurang lebih 120 pedagang di bawahnya. (eka/mie)