alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Laporan Perusakan APK Gus Ipul-Mas Adi Tak Dilanjut

PASURUAN, Radar Bromo – Laporan dugaan perusakan APK milik pasangan calon nomor urut 1, Saifullah Yusuf-Adi Wibowo tak bisa ditindaklanjuti oleh Bawaslu. Sebab, pelapor tak melengkapi kekurangan syarat formil dan materil yang diminta lembaga pengawas tersebut.

Di sisi lain, pelapor dalam hal ini Relawan Sahabat Hulk, sengaja tidak melanjutkan laporan itu. Sebab, pelaku perusakan sudah minta maaf langsung pada Saifullah Yusuf atau Gus Ipil.

Komisioner Bawaslu Kota Pasuruan Awanul Mukhris mengatakan, pihaknya sebelumnya telah melakukan kajian awal atas laporan itu. Dari hasil kajian bersama kepolisian dan kejaksaan dinyatakan ada kekurangan syarat formil dan materil.

“Sehingga pelapor kami beri kesempatan untuk melengkapi kekurangan dalam laporannya. Sesuai ketentuan perundang-undangan, pelapor punya waktu dua hari untuk melengkapinya,” kata Mukhris.

Hingga batas waktu dua hari berlalu, pelapor tidak melengkapi kekurangan syarat formil dan materil. Karena itu, Bawaslu juga tak bisa melangkah lebih jauh. Sebab, kajian hukum terhadap laporan akan dilakukan setelah syarat formil dan materilnya terpenuhi. Dengan begitu, langkah Bawaslu menangani perkara juga lebih terukur.

“Sampai dua hari, pelapor tidak memenuhi kekurangan syarat formil dan materil. Sehingga kami keluarkan status laporan tersebut tidak bisa ditindaklanjuti,” tandasnya.

Sementara, Koordinator Relawan Sahabat Hulk, Amin Suprayitno membenarkan bahwa pihaknya sebelumnya melaporkan APK paslon Gus Ipul-Mas Adi yang diturunkan di Kecamatan Bugul Kidul. Akan tetapi, pihaknya memang tak memenuhi syarat formil dan materil sebagaimana permintaan Bawaslu.

“Semula kami laporkan hal ini. Setelah itu pelakunya mengakui kesalahannya dan minta maaf langsung ke Gus Ipul. Maka kami tak melanjutkan proses di Bawaslu,” jelas Prayit. (tom/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU