alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Lanjutan Proyek PLUT-KUMKM Kembali Diusulkan Tahun Depan

GADINGREJO, Radar Bromo – Proyek pembangunan gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT)- Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (KUMKM) mangkrak sejak 2018 lalu. Pemkot Pasuruan sejatinya sudah berencana melanjutkan proyek itu menggunakan APBD tahun ini. Namun, batal karena realokasi anggaran untuk Covid-19.

Rencana itu kemudian kembali diembuskan di tengah pembahasan R-APBD 2021. Pemkot kembali menggagas lanjutan proyek yang sedianya merupakan bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI itu. Harapannya, proyek bisa diselesaikan segera.

Sebab, setelah Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK yang menyeret Setiyono selaku Walikota Pasuruan saat itu, proyek itu praktis berhenti. Progres pekerjaan yang sudah mencapai 74 persen pun tak terselesaikan dengan baik.

Padahal, masih ada beberapa sarana yang perlu ditambahkan untuk melengkapi bangunan itu. Selain menyelesaikan pembangunan gedung, juga direncanakan perbaikan beberapa infrastruktur penunjang. Seperti pagar, tempat parkir, konstruksi jalan, drainase, dan taman.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Pasuruan Edy Ana Setyo Widodo mengakui pihaknya memang sempat mengupayakan proyek lanjutan PLUT-KUMKM tahun ini. Sayangnya, rencana itu terhalang pandemi.

Sehingga anggaran yang dialokasikan harus dialihkan untuk menangani Covid-19. “Iya semula kan direncanakan tahun ini tapi karena ada realokasi dibatalkan,” ungkapnya.

Edy menambahkan pihaknya kembali mengusulkan lanjutan proyek itu tahun depan. Hanya saja, belum diketahui secara pasti berapa anggaran yang dialokasikan. “Yang jelas tetap diusulkan tahun depan. Berapa (anggarannya) kami belum tahu,” jelasnya.

Sebelumnya, gedung yang berada di Jalan A Yani itu merupakan bantuan dari Kementerian Koperasi dan UKM. Tetapi, kontrak pengerjaan proyek senilai Rp 2,29 miliar itu sudah berakhir pada 28 Desember 2018 dengan kondisi tak rampung seutuhnya. Progresnya saat ini baru mencapai 74 persen. (tom/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU