alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Hindari Sepeda, Bus Masuk Sungai, Pesepeda Asal Wonorejo Meninggal

WONOREJO,Radar Bromo – Malang nasib Sujono. Kakek berusia 65 tahun itu meninggal setelah tertabrak bus saat hendak menyeberang jalan, Sabtu (28/11).

Insiden memilukan itu terjadi di Jalan Malang-Pasuruan. Tepatnya di Desa Pakijangan, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan. Sebelum kecelakaan, warga Desa Jatigunting, Kecamatan Wonorejo itu bersepeda, sekitar pukul 06.00.

Tepat di depan kantor Dishub Kabupaten Pasuruan, Sujono hendak menyeberang dari barat jalan ke timur. Namun, di saat yang sama sebuah bus melintas dari arah Malang.

Bus dengan Nopol N 7573 UG itu dikemudikan Drawi, 43, warga Gambiran, Kabupaten Banyuwangi. Melihat ada pesepeda yang menyeberang, Drawi pun berusaha menghindar. Namun, jarak yang sudah begitu dekat membuatnya hilang kendali.

Bus pun menabrak sepeda. Sujono terpelanting bersama sepedanya. Dia mengalami luka robek pada kepala belakang, pelipis mata dan tangan kiri. Korban yang meninggal sesaat setelah kecelakaan itu lalu dibawa ke RSUD Bangil.

Sedangkan bus tetap melaju, mengarah ke kanan. Tak hanya melewati jalur. Bus bahkan menghantam tiang rambu lalu lintas. Selanjutnya, menabrak pohon perindangan hingga akarnya tercerabut. Laju bus akhirnya terhenti setelah masuk ke dasar sungai di timur jalan.

Akibatnya, kondisi bus rusak parah. Beberapa sudut kendaraan penyok. Sedangkan kaca bagian depannya pecah. Proses evakuasi bus itu terbilang memakan waktu.

Hingga siang hari, petugas masih berada di lokasi. Sebelum diangkat menggunakan mobil derek, petugas harus merapikan dahan dan ranting pohon perindangan yang menghalangi.

Kanit Laka Satlantas Polres Pasuruan Iptu Marti menerangkan, kecelakaan itu terjadi lantaran pengemudi bus menghindari pesepeda yang menyeberang. Namun, hal itu justru memperparah keadaan. Tabrakan tak terhindarkan, hingga mengakibatkan korban tewas.

“Kendaraan bus ini menghindari pengendara sepeda kayuh yang akan nyeberang,” katanya.

Sesaat setelah kejadian, pihaknya langsung menggelar olah TKP dan meminta keterangan sejumlah saksi. Hingga saat ini, polisi masih melakukan penyelidikan atas kasus kecelakaan itu. Kuat diduga, pengemudi bus kurang berhati-hati hingga kecelakaan lalu lintas terjadi.

“Pengendara sepeda kayuh meninggal di tempat dalam kejadian ini,” terang Marti. (tom/hn)

MOST READ

BERITA TERBARU