alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Gaji di Bawah UMK, Perangkat Desa Minta Naik Rp 850 Ribu

PASURUAN, Radar Bromo – Aparatur desa di lingkungan Pemkab Pasuruan terus memperjuangkan kenaikan tunjangan, tahun depan. Setelah mendatangi DPRD setempat, Jumat (27/11) sejumlah aparatur desa mendatangi Pemkab Pasuruan.

Mereka diterima Sekda Pemkab Pasuruan Anang Saiful Wijaya di ruangan staf ahli kemarin. Pada Sekda, mereka minta kejelasan tentang kenaikan tunjangan aparatur desa, tahun depan.

Ketua Persatuan Perangkat Desa Indonesia (PPDI) Kabupaten Pasuruan Sonhaji mengatakan, pertemuan itu untuk meminta kejelasan tentang kenaikan tunjangan aparatur desa. “Apalagi dalam sidang Paripurna kemarin, Bupati mengatakan akan mengkaji kembali tunjangan aparatur desa. Sehingga kami di sini meminta kepastian,” terangnya.

Sonhaji menjelaskan, selama 2 tahun terakhir pendapatan aparatur desa tidak berubah. Bahkan, jika dibandingkan dengan UMK Kabupaten Pasuruan, pendapatan aparatur desa jauh di bawahnya.

Saat ini dengan penghasilan Rp 2,02 juta per bulan, tunjangan yang diterima hanya Rp 650 ribu. Sehingga, total penghasilan aparatur desa tidak lebih dari Rp 2,7 juta.

“Dengan jumlah itu, masih jauh dari UMK. Padahal saat ini sedang pandemi. Tugas perangkat desa lebih berat karena menjadi ujung tombak penanganan Covid-19 juga,” ujarnya.

Pada Sekda, PPDI pun menyampaikan tuntutan agar tunjangan aparatur desa dinaikkan Rp 850 ribu per bulan. Sehingga, total tunjangan aparatur desa menjadi Rp 1,5 juta.

Sekda Pemkab Pasuruan Anang Saiful Wijaya setelah audiensi mengatakan, saat ini kondisi keuangan Pemkab Pasuruan sedang turun. “Dengan kondisi Covid-19 saat ini, anggaran kami masih turun. Termasuk DAU turun dan pendapatan daerah juga,” terangnya.

Karena itu, Pemkab Pasuruan belum bisa memenuhi permintaan PPDI tahun depan. “Namun kami akan melihat tahun depan. Jika struktur keuangan dan ekonomi sudah membaik, maka akan kami evaluasi agar bisa diajukan di P-APBD tahun depan,” ujarnya. (eka/hn/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU