alexametrics
25C
Probolinggo
Wednesday, 27 January 2021

Sekolah Tatap Muka di Kota Pasuruan Diprediksi Digelar Awal Tahun

PASURUAN, Radar Bromo– Setelah beberapa bulan menjalani kegiatan pembelajaran secara daring akibat pandemi Covid-19, siswa sekolah kini kembali diperbolehkan melakukan pembelajaran tatap muka. Sekolah tatap muka itu diperkirakan mulai awal tahun depan.

Kebijakan itu berlaku setelah adanya evaluasi terhadap surat keputusan bersama (SKB) empat menteri. Yaitu Menteri Kesehatan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri. Berdasarkan keputusan itu, pemerintah memberikan kewenangan kepada pemerintah daerah atau kantor wilayah kementerian agama untuk menentukan pembelajaran tatap muka.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Mualif Arif mengatakan pembelajaran tatap muka itu memang kembali diizinkan. Pelaksanaannya bisa dimulai pada semester genap. “Semester genap itu nanti ada di bulan Januari,” kata Ayik –sapaan Mualif Arif.

Ditambahkannya, pembelajaran tatap muka itu bisa dilakukan tanpa mengacu pada zona risiko penyebaran virus korona di daerah. Selama ini, pembelajaran tatap muka hanya diperbolehkan di daerah yang sudah masuk zona hijau atau status risiko penyebaran rendah.

“Sekarang tidak ditentukan berdasarkan zona yang selama ini kami pakai acuan,” terang Ayik.

Pihaknya juga akan menyosialisasikannya ke seluruh satuan pendidikan atau sekolah-sekolah dalam waktu dekat. Nantinya, pihak sekolah boleh mengajukan pembelajaran tatap muka. Dengan catatan, telah memenuhi beberapa hal yang ditentukan.

“Jadi sekolah-sekolah yang sudah siap menyelenggarakan tatap muka, akan kami fasilitasi untuk meminta izin dari walikota,” kata Ayik.

Pasalnya, dengan evaluasi SKB Empat Menteri itu, kepala daerah yang memiliki kewenangan untuk memutuskan pembelajaran tatap muka di sekolah. “Namun yang akan dilaksanakan nanti juga bukan sekolah tatap muka sebagaimana keadaan normal seperti dulu. Tetap ada beberapa ketentuan. Misalnya 50 persen dari siswa, kemudian tidak ada jam istirahat. Artinya ada shift, siswa yang tatap muka, ada yang daring juga,” bebernya. (tom/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU