alexametrics
29C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Petugas KPPS Harus Jaga Integritas selama Pilwali

PASURUAN, Radar Bromo– Ribuan petugas penyelenggara di tingkat TPS atau kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sudah dilantik. Mereka akan bertugas selama sebulan demi suksesnya Pilwali Pasuruan 2020. KPU meminta seluruh KPPS untuk menjaga integritas sebagai penyelenggara.

Jumlah KPPS yang telah ditetapkan KPU pada pemilihan kali ini sebanyak 2.499 orang. Sedangkan petugas keamanan dari unsur Linmas sebanyak 714 orang. Nantinya mereka bakal ditempatkan di masing-masing TPS yang jumlahnya mencapai 357.

“Masa kerja KPPS terhitung sejak 24 November hingga 23 Desember 2020,” kata Nanang Abidin selaku Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Sosdiklih dan Parmas.

Menurutnya, seluruh KPPS itu dilantik oleh masing-masing PPS. Pihaknya berharap seluruh KPPS yang sudah dilantik benar-benar melaksanakan tugas dan wewenangn sesuai ketentuan yang ada. Sebagai penyelenggara, KPPS juga diminta untuk menjunjung tinggi integritas dan netralitas.

Selanjutnya, KPU akan memberikan pembekalan bagi KPPS sebelum bertugas. “Setelah ini ada bimtek untuk KPPS supaya mereka mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan cermat,” ujarnya.

Nanang menambahkan, bimtek KPPS itu juga digelar di masing-masing kelurahan atau PPS. Diketahui, jumlah TPS pada Pilwali Pasuruan 2020 sbenyak 357. Masing-masing TPS ada lima orang petugas KPPS serta dua petugas Linmas. (tom/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU