alexametrics
24.3 C
Probolinggo
Sunday, 6 December 2020

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

PASURUAN– Kolaborasi komunitas anak motor, fans club, dan kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Pasuruan menggelar aksi sosial dengan donor darah yang diikuti puluhan peserta. Usai kegiatan kemanusiaan tersebut, gabungan komunitas yang menginduk pada Bold Riders, SuperSoccer, dan Pokdarwis Heppiii Community ini menanam pohon sebagai bagian dari reboisasi.

“Ada puluhan bibit pohon mangga dan kayu putih yang kami tanam di lokasi eduwisata Dam Pleret Pasuruan. Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi Bold Riders Pasuruan dan Pokdarwis Dam Pleret 1904,” kata Koordinator Acara Eko Mulyono, Senin (26/10).

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat. Harapannya setelah tumbuh nanti bisa dimanfaatkan masyarakat untuk pengobatan. Sedangkan bibit mangga yang ditanam adalah mangga alpukat yang keberadaannya belum banyak di Pasuruan.


BAKTI PEMUDA: Anggota komunitas usai melakukan donor darah dan menanam pohon kayu putih.

 

Eko Mulyono mengatakan komunitas motor Bold Riders yang terlibat kegiatan ini terdiri dari YVC-I US, Byson Independent, HBC US, dan GCI. Hadir juga fans club Pena Real Madrid Indonesia (PRMI), United Indonesia (UI), serta pokdarwis.

Selain kegiatan penghijauan, kolaborasi komunitas SuperSoccer, Bold Riders, dan Pokdarwis Heppiii Community ini juga membagikan makanan kepada pengguna jalan seperti tukang becak, ojek online dan pengguna jalan lainnya di seputaran kantor PMI Pasuruan. Kegiatan ini dikomandoi oleh komunitas Fans Club yang tergabung dalam Super Soccer Pasuruan.

Kegiatan donor darah ini merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur dan ikut dalam kegiatan pembuatan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Rekor MURI pertama adalah donor darah oleh komunitas terbanyak dan Rekor MURI kedua bertajuk donor darah oleh karang taruna terbanyak.

Kegiatan yang diinisiasi oleh PT SCM bersama Inspire dan didukung Palang Merah Indonesia (PMI) di 58 kota/kabupaten ini melibatkan 492 komunitas dan 112 karang taruna. Komunitas yang terlibat program donor darah “Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri” ini tergabung dalam beberapa komunitas besar seperti SuperSoccer, SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community, kelompok karang taruna dari berbagai desa.

Kolaborasi komunitas ini berlangsung selama periode 7-31 Oktober 2020, bertepatan dengan momentum peringatan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini juga merupakan lanjutan dari program “Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Berbagi” pada Hari Qurban di bulan Juli lalu.

Saat itu terdapat 379 komunitas dari SuperAdventure, Bold Riders, dan Heppiii Community yang terlibat dengan lebih dari 15 ribu anggota di 42 kota. Terdapat 5 ekor sapi dan 202 ekor kambing yang disembelih dengan lebih dari 5.000 kantong daging dibagikan ke masyarakat sekitar. (*)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Giliran Temukan Pintu Besi Bermotif Bunga di Goa Jepang

Temuan penting kembali didapati tim ekskavasi di Goa Jepang di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

BERITA TERBARU

Stok Garam di Kab Pasuruan Masih Tersisa 2.200 Ton

Sampai awal Desember ini, stok garam hasil produksi petambak garam di Kabupaten Pasuuran belum seluruhnya terserap pasar.

Hewan Ternak Rentan Sakit Ini saat Musim Hujan

Musim hujan yang mengguyur Kabupaten Probolinggo sejak beberapa waktu lalu berpengaruh terhadap kesehatan hewan ternak.

Tekan Covid-19; Disiplin 3M Sama Pentingnya dengan Vaksin

Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan masih menjadi keharusan, meskipun program vaksinasi nantinya telah dijalankan.

Terdampak Pandemi, Pilot pun Nyambi Bisnis Online Shop

pilot maskapai penerbangan nasional ini mengaku, pendapatannya berkurang 30 persen sejak pandemi.

Musim Hujan, Saatnya Mulai Waspadai Demam Berdarah Dengue

Dinkes Kabupaten Probolinggo mengimbau agar masyarakat tak abai terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).