Pemasangan Lampu PJL di Dua Lokasi Tunggu Proses Lelang Tuntas

PERLU PENERANGAN: Sejumlah bocah berkendara di sebuah gang yang ada di kawasan Purworejo. Ada sejumlah lokasi di Kota Pasuruan yang akan dipasang penerangan jalan lingkungan, dan saat ini realisasinya tunggu lelang. (Foto M Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO, Radar Bromo – Rencana pemasangan lampu penerangan jalan lingkungan (PJL) di sejumlah kawasan di Kota Pasuruan bakal segera terealisasi. Saat ini, proyek itu mulai diajukan ke tahap lelang. Jika proses lelang itu berjalan mulus, maka ada dua kawasan yang nantinya dilengkapi dengan lampu PJL.

Kabid Permukiman di Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan Uung Maf’udi Dja’far mengaku sudah menyiapkan pemasangan lampu PJL itu jauh hari sebelumnya. Akan tetapi, rencana itu sempat tertunda karena adanya pandemi korona.

Karena itu, rencana semula pun berubah. Sebelumnya, ada 10 kawasan yang direncanakan bakal dilengkapi dengan lampu PJL. Setelah adanya pandemi, sebagian anggaran proyek itu harus direalokasi. Sehingga hanya menyisakan 2 kawasan saja.

“Sekarang ini sudah kami ajukan ke tahap lelang untuk pemasangan lampu PJL di Kelurahan Blandongan dan Purworejo,” sebutnya.

Dia menggambarkan kondisi jalan di dua kelurahan itu yang selama ini minim penerangan. Sehingga hal itu membuat warga yang melintas kurang nyaman. Disamping itu, minimnya penerangan di jalan juga terbilang mengkhawatirkan. Terutama, berkaitan dengan tindak kriminalitas di jalan.

“Mudah-mudahan dalam proses lelang yang sekarang mulai berjalan tidak ada kendala. Sehingga nanti pemasangan lampu PJL bisa sesuai dengan yang direncanakan,” bebernya.

Pemkot Pasuruan mengalokasikan anggaran senilai Rp 342 juta untuk merealisasikan proyek itu. Anggaran tersebut bersumber dari APBD 2020. Sejauh ini, lanjut Uung, pihaknya sudah memetakan kebutuhan lampu PJL di dua kelurahan itu.

Berdasarkan hasil survei itu pula, kebutuhan lampu PJL di Kelurahan Blandongan ternyata lebih banyak. Yakni mencapai 22 unit. Sementara di Kelurahan Purworejo, diperkirakan membutuhkan 16 unit. “Jadi totalnya di dua lokasi itu nanti akan dipasang 38 unit lampu,” pungkasnya. (tom/fun)