Verifikasi Madin Dulu Sebelum Bosda Dicairkan

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Rencana Pemkot Pasuruan untuk menggelontorkan bantuan operasional daerah (bosda) pada sejumlah lembaga madin di Kota Pasuruan terus berlanjut. Saat ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) sedang melakukan tahap verifikasi pada calon lembaga penerima sebelum mencairkannya ke setiap lembaga yang berhak.

Kasubbag Perencanaan pada Dinas P dan K Kota Pasuruan, Sutrisno mengungkapkan, Bosda bagi Madin tahun ini dialokasikan senilai Rp 3,5 miliar atau sama dengan tahun lalu. Sehingga besaran bagi operasional madin tahun ini tetap.

Proses pencairannya pun tengah diupayakan oleh Dinas P dan K. Pihaknya saat ini sedang melakukan tahap verifikasi untuk selanjutnya mengajukan proposal pencairan kepada dinas pengelolaan keuangan dan aset (DPKA) setempat.

Tris -sapaan akrab Sutrisno- merinci, anggaran miliaran rupiah ini diperuntukkan bagi 107 lembaga Madin Ula senilai Rp 1.485.000.000 dan 52 lembaga Madin Wustho senilai Rp 738.000.000. Lalu, ustadz madin Ula senilai Rp 990.000.000 serta ustadz madin Wustho senilai Rp 295.200.000.

“Bantuan bagi madin ini berasal dari APBD. Peruntukannya bagi operasional madin seperti kegiatan belajar mengajar (KBM) dan honor bagi ustadz di lembaga setempat. Pencairannya tengah kami upayakan,” ungkapnya.

Ia menjelaskan ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi lembaga madin agar mendapatkan bantuan tersebut. Untuk madin ula, lembaga tersebut harus telah terdaftar dan mendapat izin operasional dari kemenag minimal tiga tahun.

Lalu, memiliki santri minimal 30 orang, batas usia santri maksimal 15 tahun dan setiap 30 santri lembaga dapat mengajukan satu ustadz sebagai penerima. Sedangkan, persyaratan madin wustho serupa, namun batas usia santri maksimal 19 tahun.

“Kalau lembaga Madin tidak dapat memenuhinya, maka santri dan ustadz yang bersekolah dan mengajar di tempat tersebut, tidak bisa mendapatkan bantuan. Kami targetkan sekitar Mei ini sudah bisa ditransfer ke setiap lembaga penerima,” terang Tris. (riz/fun)