KPU-Bawaslu Sama-sama Batasi Rapat Persiapan Pilwali Selama Wabah

PASURUAN, Radar Bromo– Merebaknya penyebaran Covid-19 tidak hanya berdampak pada beberapa tahapan Pilwali 2019 yang tertunda. Melainkan juga kegiatan-kegiatan lainnya yang bersifat harian.

Misalnya saja untuk keperluan rapat-rapat koordinasi. Baik Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) meniadakan pertemuan secara langsung.

Ketua KPU Kota Pasuruan Royce Diana Sari mengatakan jika aturan bekerja dari rumah sudah diberlakukan bagi para pegawainya. Akan tetapi, untuk komisioner, sekretaris dan pejabat lainnya seperti kasubbag tetap berkantor setiap hari efektif kerja.

“Kami membatasi kegiatan rapat baik dalam kantor maupun luar kantor,” terang dia.

Akan tetapi pihaknya memastikan persiapan menjelang Pilwali 2020 tetap berjalan. Keperluan rapat tetap dilakukan. Hanya saja tidak lagi dalam pertemuan tatap muka.

“Hal-hal yang perlu dikordinasikan biasanya kami bahas melalui sistem informasi dan alat komunikasi yang tersedia atau group yang di buat oleh KPU dalam salah satu aplikasi,” ucapnya.

Hal itu juga dilakukan Bawaslu setempat. “Mulai sepekan terakhir sudah dilakukan kegiatan rapat melalui video call. Baik rapat antar komisioner maupun dengan staf,” jelas Ketua Bawaslu Kota Pasuruan Moh Anas.

Pihaknya selama ini juga memberlakukan sistem kerja dari rumah bagi para pegawai maupun komisioner lainnya. “Akan tetapi juga dilakukan sistem shift, jadi ada yang piket di kantor. Selebihnya bekerja dari rumah,” ungkap dia. (tom/fun)