Tiga Parpol Belum Serahkan Laporan Pertanggungjawaban, Parpol Apa Saja?

PASURUAN, Radar Bromo – Tiga partai politik (parpol) tercatat belum menyerahkan Laporan Pertanggungjawaban (LPj) bantuan keuangan 2019. Padahal, batas akhirnya kurang lima hari lagi.

Aturan mainnya, LPj itu mesti diserahkan ke Pemkot Pasuruan sebulan setelah tahun anggaran berakhir. Itu artinya, partai politik berkesempatan menyerahkan LPj hingga 31 Januari mendatang.

Kasubbid Pelembagaan Politik Bakesbangpol Kota Pasuruan Abdul Aziz menuturkan, batas akhir penyerahan LPj itu ditentukan dalam Permendagri Nomor 36/2018. Pihaknya telah menyurati sembilan partai politik penerima bantuan keuangan.

“Surat itu sifatnya mengingatkan agar parpol sudah menyerahkan pada 25 Januari. Supaya tidak terlalu mepet waktunya dengan batas akhir penyerahan,” tuturnya.

Sejauh ini, enam partai politik sudah menyerahkan LPj. Partai Kebangkitan Bangsa, PDI Perjuangan, dan Partai Nasdem menyerahkan lebih awal. Disusul oleh Partai Persatuan Pembangunan, Partai Hanura, dan Partai Golkar.

Dengan begitu, masih ada tiga partai politik yang belum menyerahkan LPj hingga kemarin. Antara lain Partai Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Amanat Nasional. Dua partai politik yang disebut terakhir, juga belum mengonsultasikan draf LPj ke Bakesbangpol.

“Gerindra sudah mengonsultasikan draf LPj-nya,” terang Aziz. Saat ini pihaknya tengah menunggu LPj tiga parpol itu diserahkan. Selanjutnya, LPj akan diaudit oleh BPK sebelum bantuan keuangan tahun 2020 dicairkan. (tom/fun)