9 Lokasi di Kota Pasuruan Bakal Dipasang Lampu Penerangan Jalan Lingkungan

TERPASANG: Ruas jalan di Kelurahan Pohjentrek yang menghubungkan dengan Kelurahan Wirogunan, Kota Pasuruan, sudah dilengkapi dengan lampu PJL. (Foto: M Busthomi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PURWOREJO, Radar Bromo – Masyarakat kini bakal merasa lebih aman ketika melintas di sejumlah ruas jalan lingkungan di Kota Pasuruan. Setidaknya, potensi rawan kejahatan yang selama ini meresahkan, sedikit berkurang dengan adanya lampu penerangan jalan lingkungan (PJL).

Kabid Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Pasuruan Uung Maf’udi mengatakan, ada sembilan lokasi yang telah dipasangi lampu PJL. Pemasangan lampu PJL senilai Rp 1,1 miliar itu selesai dalam waktu dua bulan. “Lokasinya ada di sembilan kelurahan. Sesuai target kami, pekerjaan dilakukan mulai Oktober sampai dengan awal Desember,” ujarnya.

Sembilan lokasi yang dipasang lampu PJL itu tersebar di empat kecamatan. Di Kecamatan Panggungrejo berada di Kelurahan Pekuncen, Mayangan, dan Petamanan. Sementara, di Kecamatan Gadingrejo berada di Kelurahan Krapyakrejo, Randusari, Bukir, dan Karangketug.

Lalu, di Kecamatan Purworejo, pemasangan lampu PJL hanya di ruas jalan di Kelurahan Pohjentrek. Begitu pula dengan Kecamatan Bugul Kidul. Pemasangan lampu PJL dilakukan di ruas jalan Kelurahan Krampyangan.

Uung mengatakan, pemasangan lampu PJL selama ini menjadi salah satu kebutuhan pengguna jalan maupun masyarakat sekitar. Sebab, minimnya lampu penerangan justru menimbulkan potensi rawan kejahatan saat malam hari.

“Pemasangan lampu PJL tahun ini kami prioritaskan sesuai usulan tiap kelurahan. Harapannya, setelah ada lampu PJL, pengguna jalan merasa lebih aman saat melintas, begitu juga dengan masyarakat bisa lebih tenang,” ujarnya. (tom/rud/fun)