alexametrics
29C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Kembali Tarik Retribusi di Pasar Warungdowo-Purwosari

POHJENTREK, Radar Bromo – Setelah direvitalisasi sejak akhir 2019 lalu, pertengahan November ini dua pasar daerah di Kabupaten Pasuruan kembali ditarik retribusi. Itu setelah berita acara serah terima (BAST) dari pusat baru turun per November ini.

Dua pasar daerah yang kembali ditarik retribusi itu adalah Pasar Gondangwetan di Kecamatan Pohjentrek. Serta Pasar Purwosari di Kecamatan Purwosari.

Kepala Bidang Pengelolaan Pasar pada Disperindag Kabupaten Pasuruan Gatot Sutanto mengatakan, tahun lalu ada 2 Pasar Daerah yang direvitalisasi dengan memanfaatkan anggaran dari pusat.

Setelah selesai dibangun, selama belum ada serah terima resmi dari pusat ke daerah, belum bisa ditarik retribusi. “Karena belum secara resmi dilimpahkan ke daerah. Sehingga, retribusi masih belum ditarik. Meskipun sejak akhir tahun 2019 lalu, gedung revitalisasi sudah ditempati oleh pedagang pasar,” terang Gatot.

Serah terima BAST sendiri disebutkan tergantung dari pusat, kapan diserahkan. Lamanya proses pemberian BAST tahun ini, diduga karena adanya pandemi Covid-19.

Sehingga untuk perjalanan dinas ke luar kota, masih dibatasi. Serah terima secara resmi pun baru bisa diberikan pada pertengahan November lalu.

Penarikan retribusi di 2 pasar daerah itu dilakukan sejak 16 November lalu. Tercatat untuk Pasar Warungdowo, ada sebanyak 108 Kios dan los. Sementara di Pasar Purwosari ada 218 kios dan los. Khusus untuk Pasar Purwosari, proses revitalisasinya tahun ini kembali dilanjutkan. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU