Ada Lima CJH Tambahan di Kota Pasuruan dari Petugas KBIH dan TPHD

PURWOREJO, Radar Bromo – Jumlah calon jamaah haji (CJH) asal Kota Pasuruan terus bertambah. Setelah penambahan CJH dari penggabungan keberangkatan. Kini ada tambahan lagi dari petugas KBIH dan TPHD (Tim Pemandu Haji Daerah).

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Pasuruan Moh Ismail menerangkan, petugas yang menjadi CJH tambahan sedianya berjumlah enam orang. Yaitu, seorang TPHD dan lima orang petugas pembimbing dari KBIH.

Lima pembimbing KBIH itu disetujui untuk berangkat tahun ini lantaran telah memenuhi persyaratan. Sebenarnya, pembimbing KBIH itu memang terdaftar sebagai CJH. Namun, jadwal keberangkatannya masih lama.”Untuk pembimbing dari KBIH itu diusulkan dengan syarat memiliki lebih dari 135 jamaah yang dibimbing,” ungkap dia.

Tetapi, satu dari lima pembimbing KBIH itu meninggal dunia. “Ada satu meninggal dunia, sehingga dari pembimbing KBIH tinggal empat orang,” jelasnya.

Sementara, untuk tambahan CJH dari TPHD hanya ada satu orang. Ismail menjelaskan, TPHD itu tercatat sebagai CJH umum. Bukan petugas yang ditunjuk Kementerian Agama RI. Namun, ia menjadi TPHD setelah disetujui oleh Gubernur Jawa Timur. “Itu, mendapatkan rekomendasi wali kota yang disetujui gubernur,” ujarnya.

Untuk diketahui, kuota awal CJH asal Kota Pasuruan tahun ini berjumlah 252 orang. Namun, jumlah itu masih bisa bertambah dengan adanya mutasi CJH dari daerah lain. (tom/fun)