Pandemi Covid-19, Pastikan Stok Beras Aman sampai Akhir Tahun

PANEN: Sejumlah petani di Kabupaten Pasuruan memanen padinya beberapa waktu lalu. Sejauh ini, stok beras di Gudang Bulog Divre Malang dipastikan aman sampai akhir tahun 2020. (Mokhamad Zubaidillah/Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN, Radar Bromo – Selama masa pandemi wabah Covid-19, stok beras dipastikan aman untuk masyarakat di Malang Raya, termasuk Pasuruan. Sampai Rabu (22/4), stok beras di Bulog Divre Malang mencapai 27.000 ton. Persediaan ini diprediksi aman sampai akhir tahun ini.

Kepala Bulog Cabang Malang Raya yang melingkupi wilayah Kabupaten Pasuruan, Anita Andreami mengatakan, saat ini stok di gudang Divre Bulog Malang Raya masih mencapai 27.000 ton. “Saat ini untuk stok beras yang dalam area Bulog Cabang Malang, insyaallah aman. Dengan stok mencapai 27.000 ton, insyaallah aman sepanjang tahun (2020),” ujarnya.

Adanya pandemi wabah Covid-19, kata Anita, tidak terjadi lonjakan permintaan beras. Terutama, di Malang Raya yang meliputi Malang, Batu, Kota dan Kabupaten Pasuruan. Sejauh ini, Bulog mencatat permintaan masih tergolong stabil.

Menurutnya, karena tidak ada lonjakan permintaan, harga beras di pasaran juga cenderung stabil. Rata-rata beras berkualitas medium dipasarkan Rp 9.500 per kilogram.

Selain stok beras di 4 gudang Bulog di Malang Raya, termasuk gudang Bulog di Kejapanan, Gempol, Kabupaten Pasuruan dan Gudang Bulog Gadingrejo, Kota Pasuruan, Bulog juga siap menyerap hasil gabah dan beras petani saat panen raya. Sehingga, ketersediaan beras sampai akhir tahun dipastikan aman.

Memasuki Ramadan, kata Anita, Bulog Malang Raya masih belum ada rencana untuk menggelar pasar murah. “Memang sempat kami lakukan kemarin di Depan Gudang Bulog, namun hanya sebentar. Demi menghindari kerumunan massa, sementara kami stop dulu,” ujarnya. (eka/rud)