alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Survei Jembatan Tergerus Arus Banjir di Lumbang Pasuruan

LUMBANG, Radar Bromo – Rusaknya 2 jembatan di Desa Bulukandang, Kecamatan Lumbang jadi perhatian. Selasa (24/11) sejumlah petugas Badan Penanggulangan Bencana daerah (BDBD) setempat ke lokasi untuk melakukan pendataan kerusakan.

Selain itu, petugas bersama warga juga gotong royong untuk membersihkan bebatuan di bawah jembatan. Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Tectona Jati mengatakan, timnya ke lokasi untuk mendata dampak dan juga mengevaluasi terkait tindak lanjut berikutnya.

“Kami juga koordinasi dan komunikasi dengan Desa, Kecamatan dan Perhutani terkait tindak lanjut berikutnya,” terang Tectona Jati.

Tecto –sapaan akrab Tectona- mengatakan, untuk pembersihan batu saat ini memang masih cukup sulit. Sebab, jalur ke arah Jembatan sulit dilalui alat berat seperti backhoe.

“Jadi, masih dicari solusi juga, bagaimana mengevakuasi batu-batu besar agar bisa dibersihkan. Sehingga, bawah jembatan kembali bisa dilalui air khususnya yang jembatan kecil di Bulukandang,” terangnya.

Camat Lumbang Nurcahyono menambahkan, selain ada kerusakan 2 jembatan di Desa Bulukandang, juga terjadi kerusakan 1 jembatan di Desa Cukurguling. Bagian bawah jembatan tertutup batu. Kendati tidak sampai membuat rusak jembatan. Namun tertutupnya aliran air di bawah dikhawatirkan bisa menyumbat saat arus deras datang.

“Jadi hari ini (kemarin) bersama warga dan dibantu forpimda melakukan pembersihan mandiri. Baik dengan cangkul dan sebagainya untuk membersihkan material imbas arus deras kemarin,” terangnya.

Karena manual, pembersihan hanya bisa dilakukan untuk tanah, lumpur, kayu dan juga batu-batu yang kecil. “Karena swadaya pembersihan ini dilakukan manual.,” ujarnya.

Namun dari hasil kerja bakti kemarin, sudah separo dan jalur bawah jembatan Desa Bulundang yang kemarin tertutup seluruhnya sudah ada akses air hingga 50 persen.

Selain menunggu hasil dari evaluasi dari tim teknis kemarin. Kecamatan Lumbang juga mengkoordinasi agar Desa Bulukandang mengajukan proposal perbaikan ke Bupati Pasuruan. “Baik jembatan termasuk akses jalan yang rusak yang diajukan proposal. Agar bisa segera ada tindak lanjut jika ada perbaikan,” terangnya. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU