alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Hentikan Pengiriman Air Bersih di Kab Pasuruan 28 November

LUMBANG, Radar Bromo – Meski sudah memasuki awal musim hujan, sampai saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan masih rutin mengirimkan air bersih ke 23 Desa. Ssesuai SK kedaruratan bencana, prediksi pengiriman air bersih akan dihentikan akhir bulan ini.

Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Pasuruan Tectona Jati mengatakan, pertengahan November ini sudah memasuki awal musim hujan. Namun, karena hujan masih jarang dan belum merata, sehingga sumber air di daerah kekeringan masih belum terbentuk.

“Meskipun hujan sudah mulai turun khususnya di daerah tinggi seperti Lumbang, Puspo dan Tosari, tapi hujan masih belum merata. Sehingga, sumber air belum terbentuk dan masyarakat masih membutuhkan supply air bersih,” terang Tecto.

Saat ini dikatakan tetap ada pengiriman air bersih ke 23 Desa. Meskipun begitu untuk durasi pengiriman air memang sudah berkurang.

Jika sebelumnya pengiriman bisa 1-2 tangki atau 5-10 ribu liter perhari. Sekarang, rata-rata hanya 1 tangki saja per harinya.

Sesuai SK darurat bencana kekeringan, Tecto mengatakan bahwa pengiriman air bersih sudah dihentikan pada 28 November.

Ini lantaran selain sudah memasuki musim hujan sudah prediksi curah hujan sudah tinggi. “Namun tetap kami akan terus lakukan asesmen. Jika masih ada yang sumber airnya belum terbentuk. Maka SK kedaruratan bencana kekeringan kita ajukan perpanjangan,” terangnya. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU