alexametrics
24.9 C
Probolinggo
Tuesday, 1 December 2020

Rumah Terbakar, Pasutri asal Karanglo Ini Berhasil Selamatkan Diri

GRATI – Samat dan Suti langsung lunglai mendapati rumahnya terbakar. Mereka pun harus merelakan uang serta barang berharga lainnya ludes dilalap api. Untungnya, pasangan suami istri itu masih bisa menyelamatkan diri.

Insiden kebakaran itu terjadi di Dusun Krajan, Desa Karanglo, Kecamatan Grati, Selasa (23/10) malam. Kebakaran terjadi sekitar pukul 21.30. Kebetulan, Samat dan Suti belum lama tertidur setelah merebahkan diri.

Tiba-tiba, Suti terbelalak lantaran dikejutkan dengan adanya percikan api yang mulai menyala-nyala dari sebuah kabel di atap rumah. Kabel listrik telanjang itu bahkan jatuh dan nyaris mengenai tubuh Suti.

“Saat jatuh sempat ditangkis kemudian kabelnya terlempar ke arah dinding yang berbahan anyaman bambu,” terang Kapolsek Grati AKP Suyitno.

Seketika itu, kabel telanjang yang mengeluarkan percikan api itu menyulut dinding berbahan anyaman bambu tersebut. Dalam hitungan detik, kobaran api mulai menjalar ke seluruh penjuru rumah.

Mendapati dirinya dalam bahaya, Suti kemudian membangunkan Samat serta meminta pertolongan ke warga lainnya. Pasutri itu kemudian berusaha menyelamatkan diri dan keluar dari rumah seluas  6×15 meter itu. Warga berdatangan, disusul dengan petugas TNI dan Polri.

Tak lama berselang, petugas pemadam kebakaran datang dan langsung melakukan pemadaman. Mereka mulai berjibaku dengan kobaran api. Sementara api dengan cepat menjalar ke bagian atas rumah. Mulai dari pilar hingga kayu penyangga atap semakin rapuh.

“Kami lokalisir areanya terlebih dahulu agar tidak semakin luas. Mengingat lokasi di antara permukiman,” kata Kepala BPBD Kota Pasuruan Yanuar Afriansyah.

Ia menyebut, proses pemadaman itu juga sedikit memakan waktu. Selain banyaknya barang mudah terbakar, terpaan angin yang cukup kencang juga menyulitkan petugas damkar menjinakkan api.

“Pemadaman memakan waktu sekitar 2,5 jam. Begitu api sudah mengecil, kami lakukan pembasahan untuk memastikan sudah tidak ada bara api yang tersisa,” bebernya.

Pasca kebakaran, pihak kepolisian langsung memasang police line di sekeliling rumah tersebut. Sejauh ini, polisi menduga kebakaran itu dipicu terjadinya korsleting listrik. Terutama, akibat adanya kabel tanpa pembungkus. “Memang kuat diduga kebakaran terjadi karena ada korsleting listrik,” ujar Suyitno.

Ia menyebut, akibat kejadian itu korban mengalami kerugian hingga puluhan juta. Sebab, tak hanya bangunan rumah yang luluh lantak. Ada pula sebuah motor Honda Revo, perhiasan, uang, dan beras 1 kuintal yang turut terbakar. “Tafsir kerugian sekitar Rp 60 juta,” jelas perwira polisi dengan tiga setrip di bahu itu. (tom/rf)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Motor Dicuri di Halaman Minimarket di Pohjentrek

Diduga, komplotan pelaku beraksi dengan modus menukarkan uang di kasir.

Mau Rujakan, Motor Warga Banyuanyar Raib saat Ditinggal Ambil Mangga

­Aksi pencurian motor semakin merajalela. Setelah terjadi di Leces beberapa waktu lalu, aksi pencurian motor bergeser ke Kecamatan Banyuanyar.

Mobil Brio Tertabrak Sri Tanjung, Sopirnya asal Muneng Selamat

Mega Ratu, 27, lolos dari maut. Betapa tidak, warnita asal Desa Muneng itu, masih bisa selamat, walau mobilnya tertabrak kereta api di perlintasan Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

Profesional, Kolaborasi-Pemasaran Digital Bantu Dongkrak Produk Lokal

Meski kondisi sulit, beberapa UMKM masih mampu bertahan. Bahkan, berkembang dengan sejumlah inovasi.

Rem Blong, Truk Nyemplung Parit-Sasak Pagar Pabrik di Pandaan

Gara-gara remb blong, sebuah truk boks bernopol L 8466 UX hilang kendali di jalan Malang-Surabaya