alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Mulai Rehab Kios Kebonagung, Harus Rampung dalam 100 Hari

PURWOREJO,Radar Bromo- Harapan para penyewa kios pangkas rambut di Pasar Kebonagung, Kota Pasuruan, akhirnya terjawab. Pemkot Pasuruan merealisasikan rehab bangunan kios yang sudah direncanakan sejak dua tahun lalu. Proyek itu mulai berjalan sekitar sepekan yang lalu.

Plt Kepala Dinas PUPR Kota Pasuruan Gustav Purwoko mengatakan, selama proyek berlangsung para penyewa kios menempati bangunan semi permanen di depan kios mereka. Pihaknya sudah merelokasi para penyewa kios agar tetap bisa mendapatkan penghasilan.

“Selama pekerjaan berjalan penyewa kios ada di depan. Menempati bangunan yang disediakan agar tetap punya pendapatan,” ujarnya.

Ada sekitar 50 kios yang bangunannya sedang direhab. Menurut Gustav, kondisi bangunan kios itu sudah buruk. Karenanya, proyek ini menjadi prioritas untuk direalisasikan tahun ini. Karena bangunannya sudah banyak yang rapuh, dikhawatirkan terjadi kerusakan yang semakin parah.

“Pengerjaannya sudah berjalan sekitar seminggu lalu. Sekarang masih baru melakukan pembongkaran sebelum nanti direhab total,” ujar Gustav.

Sesuai yang direncanakan, perbaikan kios ini dilakukan agar kondisinya baik dan bisa dimanfaatkan dengan nyaman. Selain itu, pihaknya juga merencanakan penataan kawasan ini agar lebih sedap dipandang. “Nanti penataan kawasan kios diupayakan agar lebih baik. Ada semacam tugu yang menjadi ikon pangkas rambut Kebonagung,” jelasnya.

Gustav menambahkan, rehab kios itu akan dikerjakan selama 100 hari. Pihaknya berharap proyek dengan anggaran Rp 772 juta ini bisa rampung pada Desember mendatang. “Kami harap bisa selesai tepat waktu, supaya tidak melampaui tahun anggaran,” ujarnya. (tom/rud/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU