alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Alokasi Anggaran Adiwiyata di Kota Pasuruan Dikepras Sampai Separo

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Adanya pandemi Covid-19 di Kota Pasuruan juga berdampak pada alokasi anggaran untuk lembaga pendidikan di Kota Pasuruan. Salah satunya, hibah untuk pembinaan sekolah Adiwiyata. Hibah yang diperuntukkan bagi SD dan SMP negeri ini dikepras hingga 50 persen untuk penanganan Covid-19.

Kasubbag Perencanaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P dan K) Kota Pasuruan Sutrisno mengungkapkan, awalnya Dinas P dan K mengalokasikan hibah untuk mendukung program Adiwiyata di setiap sekolah senilai Rp 1,4 miliar tahun ini. Anggaran miliaran ini diperuntukkan bagi 57 lembaga sekolah negeri di Kota Pasuruan. Rinciannya, Rp 1,15 miliar untuk 35 lembaga SD negeri. Sisanya sebesar Rp 300 juta dialokasikan untuk 22 lembaga SMP negeri.

“Rencananya, setiap lembaga akan menerima besaran hibah yang berbeda yakni antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta. Namun, hal ini urung karena ada realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 di Kota Pasuruan,” ungkapnya.

Tris menjelaskan, realokasi ini membuat hibah untuk mendukung program Adiwiyata ini dikepras hingga separonya atau berkurang 50 persen menjadi sekitar Rp 700 juta. Setiap lembaga sendiri akan menerima besaran yang berbeda bergantung pada tingkatan Adiwiyata dari lembaga tersebut. Pihaknya berharap agar hibah yang tersisa ini bisa digunakan dengan baik oleh lembaga yang bersangkutan.

Menurutnya, hibah ini hanya boleh digunakan oleh lembaga sekolah untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata. Misalnya, untuk membangun taman atau menambah tanaman di lembaga sekolah atau untuk operasional lainnya yang berhubungan dengan Adiwiyata. Sehingga, sekolah Adiwiyata terwujud di setiap lembaga sekolah di Kota Pasuruan. Di luar itu tidak diperbolehkan.

“Adanya pandemi membuat semua anggaran untuk lembaga pendidikan berkurang hingga 50 persen. Termasuk hibah untuk mendukung program adiwiyata di setiap sekolah negeri di Kota Pasuruan,” sebut Tris. (riz/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU