Lima Jalan di Kota Pasuruan Ini Rawan Kecelakaan Lalu Lintas

GADINGREJO, Radar Bromo – Sejumlah ruas jalan di wilayah Kota Pasuruan, masuk jalur rawan kecelakaan lalu lintas (laka lantas). Berdasarkan pemetaan tingkat kerawanan dan terjadinya laka lantas, ada lima titik yang masuk black spot.

Lima ruas jalan tersebut adalah Jalur Lingkar Selatan (JLS), Jalan Kiai Ahmad Dahlan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Soekarno Hatta, dan Jalan Raya Blandongan. Namun, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan terus berupaya meminimalisasi laka lantas dengan menambah rambu-rambu dan lampu penerangan jalan umum.

Kabid Lalu Lintas Dishub Kota Pasuruan Andriyanto mengatakan, pemetaan ini berdasarkan data yang diberikan Satlantas Polres Pasuruan Kota. Ini berdasarkan tingkat kerawanan dan jumlah laka lantas yang selama ini terjadi di ruas jalan tersebut. “Ada lima jalur yang masuk jalur rawan laka. Rata-rata memang masuk jalur nasional. Seperti, Jalan Ahmad Yani dan Jalan Soekarno Hatta,” ujarnya.

Andri menjelaskan, pihaknya rutin berkoordinasi dengan Satlantas untuk meminimalisasi terjadinya laka lantas. Seperti, menambah rambu-rambu atau lampu penerangan di titik yang dinilai membahayakan dan minim lampu penerangan.

Selain itu, juga Dishub rutin melakukan razia dan operasi bagi kendaraan roda empat atau lebih. Operasi ini untuk mengecek surat kendaraan maupun uji kelayakan mesin yang dilakukan secara berkala. Sehingga, aman saat dikemudikan dan tidak membahayakan. “Setiap dua bulan sekali selalu kami lakukan penindakan,” ujarnya. (riz/rud)