Personel Terbatas, Belum Bisa Tambah Jam Layanan Perpustakaan

PURWOREJO, Radar Bromo – Pemkot memastikan jam layanan perpustakaan daerah (Perpusda) di Kelurahan Sekargadung, Kecamatan Purworejo, tetap. Dinas Perpustakaan dan Arsip (DPA) Kota Pasuruan menyebut, tahun ini hanya akan memaksimalkan jam layanan yang sudah tersedia.

Kabid Perpustakaan pada DPA Kota Pasuruan Hermin Sulistyawati mengungkapkan, tidak ada penambahan jam layanan di Perpusda Sekargadung tahun ini. DPA hanya akan memaksimalkan jam layanan pengunjung mulai Senin sampai Minggu.

Ia menjelaskan, untuk jam layanan pada senin sampai Jumat dimulai pukul 08.00 sampai pukul 15.00. Sementara untuk Sabtu dan Minggu adalah mulai pukul 08.00 sampai pukul 13.00. Ini sudah berlaku semenjak peresmian Perpusda Sekargadung pada awal 2018 lalu.

“Belum ada penambahan jam layanan. Untuk Senin sampai Jumat menyesuaikan jam kerja. Namun Sabtu dan Minggu kami tetap buka,” ungkapnya.

Hermin menjelaskan, sebenarnya DPA ingin menambah jam layanan perpusda. Namun, kondisi ini tidak bisa direalisasikan tahun ini. Sebab, pihaknya mengalami keterbatasan jumlah personel. Saat ini jumlah pustakawan hanya empat orang.

Menurutnya, jumlah ini tidak memungkinkan untuk menambah jam layanan. Sebab, pihaknya sudah menambah petugas harian lepas (PHL) untuk menjaga Perpusda pada Sabtu dan Minggu. Penambahan jam layanan sendiri akan dilaksanakan secara bertahap.

Meski demikian, Hermin mengaku jam layanan ini tidak stagnan. Jika ada pelajar atau mahasiswa yang datang untuk mengerjakan tugas dan membutuhkan waktu lebih lama di luar jam layanan, maka pihak perpusda akan menunggu hingga selesai.

“Tentu ada rencana penambahan jam layanan. Kami sendiri sering mendapatkan permintaan seperti itu. Insyaallah bertahap,” sebut Hermin. (riz/fun)