alexametrics
25C
Probolinggo
Sunday, 17 January 2021

Kuota Pupuk Subsidi di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 4 Ribu Ton

PASURUAN, Radar Bromo – Polemik distribusi pupuk subsidi yang disebut-sebut sulit dicari, bakal teratasi. Sebab, per November ini Kabupaten Pasuruan dipastikan dapat tambahan kuota pupuk subsidi sebesar 4 ribu ton.

Dengan tambahan itu, berarti saat ini kuota pupuk subsidi di wilayah setempat mencapai 12 ribu ton. Jumlah itu disebut Dinas Pertanian mencukupi hingga akhir tahun ini.

Plt Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Pasuruan Ihwan mengatakan, per November ini, sudah ada tambahan pupuk subsidi dari Provinsi Jatim. “Karena ada tambahan 4 ribu ton sehingga total sampai saat ini mencapai 12 ribu ton lebih pupuk subsidi. Dengan jumlah tersebut dipastikan aman sampai akhir tahun nanti,” terangnya.

Ihwan menjelaskan, tahun ini Kabupaten Pasuruan mendapat kuota 25 ribu ton. Dengan adanya tambahan 4 ribu ton, penyaluran tahun ini tetap menyesuaikan RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok).

Termasuk ketika ada tambahan kuota baru ini juga dibagi merata ke RDKK. Sehingga dipastikan tepat sasaran dan pasti habis sampai akhir Desember nanti.

Meski ada tambahan 4 ribu ton pupuk subsidi, jumlah kuota itu sejatinya masih kurang jika dibandingkan dengan pengajuan kebutuhan pupuk akhir tahun lalu. Namun, anggaran negara yang terbatas membuat kuota juga terbatas.

Para petani pun diminta melakukan inovasi dengan kondisi yang ada. Seperti menggunakan pupuk organik, pupuk kandang untuk mengimbangi kekurangan tersebut.

Sementara tambahan pupuk subsidi sendiri didapat setelah ada realokasi pupuk dan Kabupaten Pasuruan meminta pengajuan ada tambahan pupuk subsidi. “Dan setelah ada tambahan pupuk subsidi ini, harapannya bisa menunjang musim tanam di awal musim hujan akhir tahun ini. Dan dipastikan, bisa terserap seluruhnya untuk kebutuhan tanam petani,” ujar Ihwan. (eka/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU