alexametrics
26.6 C
Probolinggo
Monday, 26 October 2020

Rangkul-Motivasi ODHA, Upaya Puskesmas Grati Turunkan HIV-AIDS

GRATI, Radar Bromo – Pasien baru penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) di Kabupaten Pasuruan terus bermunculan. Termasuk di wilayah Puskesmas Grati. Tahun ini sampai bulan kemarin sudah ada 12 orang. Jumlah ini terus mengejar kasus tahun kemarin yang mencapai 21 orang.

Sedangkan, Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang menjalani pengobatan Anti Retro Virus (ARV) sejak 2018 sampai sekarang ada 77 orang. Mereka merupakan pasien rujuk masuk dari RSUD Bangil maupun temuan puskesmas.

Kematian diakibatkan AIDS ada 4 orang. Di samping itu, ada 9 pasien yang loss follow up atau tidak mengambil obat selama lebih dari tiga bulan. Permasalahan ini ditambah masih ada stigma dan diskriminasi pada ODHA di masyarakat karena kurangnya pengetahuan tentang HIV.

Menghadapi sejumlah permasalahan itu, Kepala UPT Kesehatan Puskesmas Grati dr. Mardina Fajarningsih mengatakan, pengelola program HIV melaksanakan Forum Group Discussion (FGD) internal. Tujuannya, untuk mendapat dukungan dari kepala puskesmas, bidan desa, dan lintas program lainnya. Sehingga, mempunyai terobosan baru dalam menanggulangi HIV/AIDS melalui TeROMPah KoODHA (Temukan, Rangkul, Obati, Motivasi, Pertahankan Komunitas ODHA).

Terobosan ini merupakan salah satu upaya mencapai target three zero pada 2030. Tujuannya mencegah penularan infeksi baru HIV, mencegah kematian akibat AIDS, menurunkan stigma dan diskriminasi pada ODHA. Serta, meningkatkan kualitas hidup ODHA melalui pemberdayaan sosial ekonomi.

“Untuk mendukung kegiatan TeROMPah KoODHA di wilayah Kecamatan Grati, Puskesmas Grati melaksanakan FGD dan bekerja sama dengan Muspika, lintas sektor kecamatan (KUA, Satpol PP, pengawas sekolah, PKK kecamatan). Serta, kepala desa, RSUD Bangil, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Disperindag, PT Japfa Comfeed, Yayasan Mahameru, dan Fatayat NU, peran serta masyarakat dan lintas program,” jelasnya.

Dari hasil FGD, muncullah banyak pendapat dari berbagai pihak untuk mendukung kegiatan TeROMPah KoODHA. Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan. Seperti, terbentuklah Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) sebagai wadah berbagai informasi terkait perawatan dan pengobatan, sehingga saling men-support antaranggota.

Ada juga Mobile Klinik VCT atau pemeriksaan tes HIV pada kelompok risiko tinggi. Adanya klinik inisiasi ARV, sehingga mendekatkan ODHA untuk mendapatkan layanan ARV di puskesmas. “Ada juga kunjungan rumah pada ODHA yang mangkir. Sosialisasi HIV di masyarakat dan sekolah. Rujukan ke rumah sakit bila terdapat komplikasi yang didampingi pendamping ODHA,” jelasnya. (riz/rud/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

PWI Probolinggo Bangkit setelah 10 Tahun Vakum  

General Manager Jawa Pos Radar Bromo H.A. Suyuti, terpilih sebagai ketua PWI Probolinggo Persiapan.

Penuhi Syarat, JMSI Serahkan Berkas Pendaftaran ke Dewan Pers

Dideklarasikan 8 Februari 2020, dalam waktu singkat JMSI dapat memenuhi persyaratan menjadi konstituen Dewan Pers.

Ngantuk, Pemotor asal Sidoarjo Tabrak Taman Bambu Runcing Pandaan    

Motor Honda Supra X yang dikendarai korban seorang diri, menabrak taman Bambu Runcing

Fortuner Tabrak Pikap Parkir di Prigen, Tiga Terluka  

Sesampainya di lokasi kejadian, Fortuner itu menabrak dari belakang pikap Isuzu Panther pikap yang diparkir di bahu jalan sebelah kiri.

Warga Binaan Rutan Bangil Ubah Lahan Parkir Jadi Bengkel Mebel

Hidup di penjara, tidak boleh mematikan kreativitas. Sebab, meski hidup di lingkungan yang terbatas, seorang tahanan masih bisa berkreasi. Hal ini yang dilakukan di Rutan Bangil dengan mengembangkan industri mebeler.