alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Ajukan Tambahan Zona Selamat Sekolah melalui Anggaran Ini

GADINGREJO, Radar Bromo – Jumlah Zona Selamat Sekolah (ZOSS) di Kota Pasuruan, dinilai masih kurang. Karenanya, Pemkot Pasuruan berencana tahun depan menambahnya. Pelaksanaannya diharapkan bisa terwujud dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Perhubungan.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pasuruan Andriyanto mengaku terus berupaya menambah ZOSS. Sebab, belum semua sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA memilikinya sebagai tempat aman bagi siswa untuk menyeberang jalan.

Sejauh ini sejumlah sekolah yang sudah dilengkapi ZOSS hanya SMAN 2 Pasuruan, SDN Kebonagung, SDN Petamanan, dan SDN Purutrejo. Sejatinya, Dishub sudah berusaha sejak tahun kemarin untuk menambah ZOSS. Namun, belum berhasil karena anggaranya digunakan untuk kebutuhan yang lebih mendesak.

“Mulai 2019 sudah kami upayakan melalui DAK Kementerian Perhubungan. Namun karena ada program lain, jadi pengajuan ini belum turun. Semoga tahun depan bisa terealisasi,” ujarnya.

Andri menjelaskan, pemasangan ZOSS di setiap sekolah memang diperlukan. Demi menjaga keselamatan siswa dan guru ketika hendak menyeberang jalan. Dengan adanya ZOSS, pengemudi akan lebih berhati-hati saat melintas. Di tempat inilah siswa dan guru dapat menyeberang.

“ZOSS memiliki fungsi seperti zebra cross. Namun, khusus di sekolah. Makanya setiap sekolah itu perlu ada. Untuk lembaga yang belum ada seperti SMPN 5 dan SDN Pekuncen,” ujar Andri.

Zona sekolah atau di Indonesia lebih dikenal sebagai Zona Selamat Sekolah (ZOSS). Merupakan suatu kawasan di sekitar sekolah yang perlu dikendalikan lalu lintas kendaraannya. Baik menyangkut kecepatan, parkir, menyalip, dan pejalan kaki yang menyeberang jalan. (riz/rud/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.

Listrik Kerap Padam, 95 Persen Disebabkan Pohon

Kejadian listrik padam atau mati lampu kerap terjadi saat musim hujan.