Belum Semua PD di Pemkot Pasuruan Manfaatkan Web

GADINGREJO, Radar Bromo– Belum seluruh perangkat daerah (OPD) di Kota Pasuruan telah memaksimalkan web yang dimiliki. Padahal setiap PD rata-rata sudah disediakan dan memiliki web untuk kebutuhan menjalankan programnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pasuruan, Sugeng Winarto mengungkapkan, ada 41 PD di Kota Pasuruan. Seluruh PD ini sudah dilengkapi dengan web masing masing.

Meski demikian web ini masih belum dimaksimalkam oleh seluruh PD. Dari catatannya baru beberapa yang aktif menggunakan web untuk mempublikasi program kegiatan yang mereka miliki. Sementara sisanya jarang menggunakan.

Salah satu PD yang dikenal aktif dalam publikasi ini adalah Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora). Setiap kali ada kegiatan, pihak Disparpora, pasti langsung menggunakan web yang dimiliki untuk menginformasikan kegiatan yang dilaksanakan.

“Kami mendorong seluruh PD untuk memanfaatkan web yang ada. Sehingga seluruh kegiatan nya terpublikasikan,” ungkapnya.

Sugeng menjelaskan, pihaknya sudah melatih PNS setempat untuk melek teknologi. Sehingga saat ini minimal ada satu PNS yang menguasai teknologi ini. Namun minimnya tenaga ini juga menjadi kendala.

Akibatnya PD tidak dapat memaksimalkan web tersebut. Diskominfo sendiri rutin memberikan penyuluhan dan pelatihan teknologi informasi kepada ASN di lingkungan Pemkot Pasuruan. Pelatihan ini dilakukan dua kali dalam setahun.

Menurutnya hal ini penting agar masyarakat bisa mengetahui program kegiatan dan kerja dari Pemkot Pasuruan. Sehingga informasi apapun bisa diketahui oleh masyarakat dengan cepat.

“Tentu secara bertahap kami harapkan seluruh PD bisa memaksimalkan web. Pelatihan akan rutin kami lakukan,”pungkas Sugeng. (riz/fun)