alexametrics
31C
Probolinggo
Friday, 22 January 2021

Proyek Gapura Diganti Tugu Ikon Kampung Religi

PANGGUNGREJO, Radar Bromo – Ada perubahan dalam proyek lanjutan pembangunan kampung religi tahun ini. Pemkot Pasuruan sebelumnya berencana membuat gapura sebagai ikon kampung religi.

Namun, rencana itu urung terealisasi. Sebab, gapura tak diperbolehkan dibangun melintang jalan kota. “Semula memang kami rencanakan ada gapura selamat datang di kawasan itu,” kata Kabid Permukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Uung Maf’udi Dja’far.

Sebelum proyek dimulai, pihaknya berkoordinasi dengan beberapa instansi lain. Seperti Dinas PUPR, Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Pasuruan Kota.

Alhasil, gapura itu urung dibangun. Sebab, kata Uung, ada peraturan yang tak memperbolehkan bangunan melintang di jalanan kota. “Jadi, dalam peraturan menteri PUPR itu ada aturan terkait tidak diperbolehkan gapura yang melintang jalan,” ungkapnya.

Lantaran itu, pihaknya juga tak memaksa pembangunan gapura itu. Sebagai gantinya, ikon kampung religi itu digantikan dengan tugu di dua sisi Jalan WR Supratman. “Jadi kami ubah hanya semacam tugu selamat datang. Lokasinya sama di timur alun-alun,” terang dia.

Kini, tugu itu sudah mulai dibangun. Pihaknya menargetkan proyek lanjutan kampung religi itu bisa rampung sebelum akhir tahun. “Targetnya bisa diselesaikan awal Desember nanti,” ujarnya.

Diketahui, proyek yang berlangsung di Kelurahan Kandangsapi, Kecamatan Panggungrejo itu merupakan lanjutan tahun lalu. Anggaran yang dikucurkan Pemkot untuk proyek itu senilai Rp 382 juta. Proyek itu ditargetkan rampung bulan depan. (tom/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU