Wow, Kunjungan Wisata di Kab Pasuruan di 2019 Tembus Angka 2,6 Juta

BARU: Pengendara melintas di depan pintu gerbang Wisata Kebun Kurma di Sukorejo. Wisata ini termasuk salah satu dari puluhan tempat yang menyumbang pendapatan, dari segi pajak hiburan. (Foto: dok Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PASURUAN, Radar Bromo – Sepanjang tahun 2019, jumlah wisatawan yang datang ke tempat wisata di Kabupaten Pasuruan mencapai 2,687 juta wisatawan. Jumlah ini sudah melebihi target yang ditetapkan sebesar 2,5 juta wisatawan.

Gunawan Wicaksono, sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Pasuruan mengatakan, pihaknya mendata dari kurang lebih 35 wisata di Kabupaten Pasuruan. Baik wisata alam yang dikelola oleh Pemkab Pasuruan sampai yang dikelola oleh swasta.

“Kami data total pengunjung yang di tempat wisata yang ada di Kabupaten Pasuruan. Sepanjang tahun 2019 kemarin pengunjung tertinggi dari Taman Safari Indonesia II di Prigen,” terangnya.

Gunawan mengatakan, tercatat sampai akhir Desember kemarin, kunjungan yang tercatat mencapai 2.687.987 wisatawan. Jumlah ini secara realisasi memang melebihi target jumlah wisatawan sebesar 2,5 juta pengunjung.

Dari 35 tempat wisata yang terdata mulai dari tempat wisata alam seperti air terjun, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru jalur Pasuruan, cagar budaya seperti Candi Jawi, Candi Gununggangsir, dan sebagainya. Ada pula tempat religi dan tempat wisata yang dikelola swasta.

Sepanjang tahun 2019, tercatat Taman Safari II Prigen yang memiliki kunjungan wisatawan terbanyak mencapai 746.923 pengunjung. Disusul kawasan Pasar Wisata Cheng Hoo Pandaan yang mencapai 506.948 pengunjung. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang lewat jalur Pasuruan mencapai 146.705 pengunjung.

Wisata lain yang cukup tinggi yaitu Kebun Kurma di Sukorejo yang mencapai 137.616 pengunjung dan Kebun Raya Purwodadi yang mencapai kunjungan 128.680 wisatawan.

Gunawan menambahkan, tempat wisata religi juga cukup tinggi pengunjung mulai dari Makam Mbah Ratu Ayu, Makam Mbah Semendi, dan Makan Mbah Segoropuro.

“Untuk wisata religi ini, pengunjungnya rutin setiap tahun bahkan bertambah membawa rekan dan keluarga,” terangnya.

Tahun ini juga ada tempat wisata baru Cimory Dairy Land, Prigen yang turut menyumbang jumlah wisatawan. Kendati baru dibuka bulan November 2019 lalu, sudah terdata 67.795 pengunjung sampai akhir Desember lalu.

“Tempat wisata di Kabupaten Pasuruan tak hanya menyumbang pajak hiburan untuk tempat wisata, tapi juga berimbas ke ekonomi masyarakat sekitar mulai dari kuliner, handyraft, sampai hotel yang juga terdongkrak dari banyaknya kunjungan wisatawan,” ujarnya. (eka/fun)