alexametrics
27 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Hanya 70 Warga Binaan di Lapas Pasuruan Masuk DPS

PURWOREJO, Radar Bromo – Hak konstitusional warga binaan (WB) pemasyarakatan atau narapidana harus tetap diberikan. Karena itu, meski berada di balik jeruji besi, mereka tetap memiliki hak pilih dalam momentum Pilwali Pasuruan 2020.

Komisioner KPU Kota Pasuruan Divisi Perencanaan dan Data Mokhamad Zahid mengatakan, setiap warga negara memiliki hak yang sama untuk memilih pemimpin melalui proses demokrasi. Dengan begitu, tidak ada perlakuan berbeda terkait status sosial bagi mereka yang sedang menjalani hukuman.

“Semua warga yang memenuhi syarat sebagai pemilih kami pastikan tak kehilangan haknya. Termasuk bagi warga binaan,” ungkap Zahid.

Sebelum tahapan pemutakhiran data pemilih, pihaknya telah mencatat sebanyak 130 warga binaan yang berpotensi sebagai pemilih. Mereka tercatat sebagai warga Kota Pasuruan.

Sedangkan jumlah warga binaan di Lapas IIB Pasuruan sekitar 600 orang. “Dari 130 orang yang kami catat, kemudian dilakukan pencocokan dan penelitian (coklit),” terang Zahid.

Setelah proses pencoklitan berakhir, hampir separo di antaranya dinyatakan tidak memenuhi syarat. Salah satu faktornya ialah data warga binaan itu tak tercantum dalam daftar pemilih.

Sehingga, dalam daftar pemilih sementara (DPS) yang sudah ditetapkan KPU, ada 70 pemilih di Lapas. “Karena data yang kami dapatkan dari Lapas itu hanya berupa nama. Tidak ada data penunjang seperti NIK dan alamat lengkap. Karena sebagian KTP warga binaan juga tidak ada,” bebernya.

Meski sudah ada sekitar 70 warga binaan yang masuk dalam DPS, lanjut Zahid, besar kemungkinan jumlah itu akan berubah lagi. “Data ini masih memungkinkan terus bergerak. Bisa berkurang atau bertambah, hingga diputuskan sebagai daftar pemilih tetap (DPT),” jelasnya. (tom/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Sopirnya Diduga Ngantuk, Mobil Xenia Tabrak Pohon–Pagar Sekolah

Mobil tiba-tiba mengarah ke kiri, hingga kemudian menabrak dua pohon palm dan mangga. Selanjutnya menabrak pagar sekolah, hingga laju kendaraan seketika itu langsung berhenti.

Debat Publik Perdana Pilwali Pasuruan Usung Tema Kesejahteraan

Dua pasangan calon yang berebut dukungan rakyat Kota Pasuruan berdebat dalam 6 segmen. Total durasi seluruh acara selama 120 menit.

Dua Pohon Tumbang Timpa Motor-Macetkan Jalan di Pasuruan

Pohon tumbang usai diterjang angin kencang.

Salip Kiri, Warga Rembang Tewas Terlindas Truk Gandeng di Rejoso

Korban meregang nyawa saat hendak berangkat kerja.

Dana Kebencanaan Kota Pasuruan Sudah Terserap 70 Persen

Dana kebencanaan yang dimiliki oleh Pemkot Pasuruan tahun ini diyakini mencukupi.