alexametrics
24C
Probolinggo
Monday, 18 January 2021

Relawan Demokrasi Bertugas Selama Tiga Bulan

PURWOREJO,Radar Bromo – Tak sedikit yang gugur dalam seleksi relawan demokrasi yang akan bertugas pada Pilwali 2020. KPU hanya menetapkan 50 relawan demokrasi yang nantinya memaksimalkan fungsi sosialisasi kepada masyarakat.

Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU Kota Pasuruan Nanang Abidin menerangkan ada 70 orang yang sudah diseleksi wawancara. Akan tetapi, ada 50 yang ditetapkan sebsgai relawan demokrasi.

“Jadi, 50 relawan demokrasi itu juga dibagi sesuai dengan basis pemilih. Ada 10 basis. Ini berkaitan dengan tugas relawan itu sendiri ketika nanti melakukan sosialisasi,” terangnya.

Di antaranya 10 basis pemilih itu yakni pemilih pemula, perempuan, keluarga, komunitas, disabilitas, marginal, basis keagamaan, pemilih muda dan seterusnya. Lebih lanjut, Nanang juga mengatakan seluruh relawan demokrasi telah dibekali dengan beberapa materi.

Sebab, selain harus cakap berkomunikasi, relawan demokrasi juga mesti memahami tahapan pemilihan serta pentingnya partisipasi pemilih. Untuk itu, diharapkan adanya relawan demokrasi nanti juga bisa mendongkrak partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya.

“Nanti mereka akan bertugas selama tiga bulan. Mulai September hingga Desember,” tandasnya. (tom/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU