Fungsikan Command Centre Senilai Rp 2,7 Miliar di Triwulan Dua

GADINGREJO, Radar Bromo – Rencana Pemkot untuk menyediakan fasilitas command centre di Kota Pasuruan terus dimatangkan. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyebut command centre ditargetkan bisa berfungsi pada triwulan kedua.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Diskominfo Kota Pasuruan Sugeng Winarto mengungkapkan, pembangunan command centre sudah rampung dilakukan tahun lalu. Jaringan untuk command centre saat ini sudah terpasang. Namun, hingga kini pihaknya belum memfungsikannya.

Command centre sudah rampung kami garap. Sesuai rencana akan dipasang di gedung arsip di Jalan Pahlawan. Cuma memang belum difungsikan,” ungkapnya.

Sugeng menjelaskan, pemasangan command centre ini dialokasikan sepenuhnya dari APBD 2019. Total anggarannya sekitar Rp 2,7 miliar. Pemasangannya sudah dilakukan sejak November 2019 dan rampung digarap pada akhir Desember lalu.

Sesuai rencana, command centre ini memiliki sejumlah fungsi. Di antaranya untuk konferensi pers jarak jauh, memonitor harga, dan statistitik kebutuhan pokok. Command centre ini bisa diakses oleh masyarakat Kota Pasuruan.

Menurutnya, saat ini Diskominfo belum bisa memfungsikan karena jaringan antarperangkat daerah belum rampung. Sehingga, infomasi di command centre belum bisa dimaksimalkan. Diskominfo menargetkan command centre ini bisa berfungsi sekitar April mendatang. (riz/fun)