alexametrics
26.2 C
Probolinggo
Wednesday, 25 November 2020

Daop 9 Petakan 20 Titik Rawan Jalur Kereta Api saat Penghujan

PASURUAN, Radar Bromo – Datangnya penghujan juga jadi perhatian PT KAI Daop IX Jember. Sebab, ada sejumlah titik jalur kereta api (KA) yang rawan terganggu selama musim penghujan.

Dari pemetaan Daop IX, ada 20 titik rawan yang dinilai memiliki potensi menyebabkan terganggunya Perjalanan KA saat penghujan. Mulai dari pohon tumbang, banjir, hingga rawan terjadinya tanah longsor.

Untuk mengantisipasinya, pihak Daop IX telah melakukan persiapan.“Mulai dari wilayah Pasuruan hingga Banyuwangi telah kami tempatkan beberapa petugas yang berpatroli, serta AMUS (Alat Material untuk Siaga) yang siaga dalam mengantisipasi gangguan yang dapat menyebabkan terganggunya perjalanan KA,” ungkap Pelaksana Harian (Plh) Manager Humas PT KAI Daop 9 Jember Radhitya Mahardika.

Radhit menjelaskan, AMUS tersebut berupa pasir, batu kricak, bantalan rel, peralatan ringan hingga alat berat seperti Multi Tie Temper (MTT). Yakni salah satu jenis mesin perawatan jalan rel yang digunakan untuk merawat serta memelihara kondisi jalur rel agar tetap layak dilintasi oleh kereta api (KA).

AMUS ini ditempatkan di 10 titik di wilayah Daop 9. PT KAI Daop 9 Jember juga mengerahkan 28 petugas pemeriksaan jalur sebagai antisipasi apabila terjadi cuaca buruk.

Ia lantas merinci apabila ada banjir dan kemudian KA sedang dalam perjalanan, maka ada kemungkinan KA Berhenti Luar Biasa (BLB) di stasiun terdekat sebelum lokasi banjir. Serta menunggu surut dengan mengerahkan petugas di titik tersebut untuk mempercepat banjir.

Atau jika ada ranting pohon yang melintang di rel, petugas akan menuju lokasi untuk menyingkirkan ranting tersebut. Daop 9 juga selalu memeriksa jalur setiap hari.

“Apalagi Pasuruan mulai dari jalur Kraton hingga Rejoso termasuk jalur yang rawan bencana. Mulai dari banjir hingga pohon tumbang. Makanya, langkah antisipasi ini perlu dilakukan,”sebut Radhit. (riz/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Pohon Tumbang Sempat Tutup Jalan Mastrip  

Pohon tumbang inipun cepat dievakuasi, karena berada tak jauh dari kantor Badan penanggulangan bencana Daerah (BPBD) Kota Probolinggo.

Sopir Ngantuk, Dua Dump Truk Adu Moncong di Purwosari  

Truk yang disopiri Komarudin tiba-tiba melaju ke jalur berlawanan hingga tertabrak truk lain.

Truk Terguling di Cangkringmalang Beji, Muatan Pupuk Tercecer

Kecelakaan itu memicu kemacetan di jalur pantura.

Para Ahli Pastikan Vaksin yang Digunakan Aman dan Efektif

Keberadaan vaksin yang aman dan efektif sangat penting

Lantik Pengurus Pusat JMSI, Ini Pesan Bamsoet

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menaruh harapan besar kehadiran JMSI akan semakin melengkapi berbagai entitas kelembagaan pers yang telah lahir sebelumnya.