alexametrics
24C
Probolinggo
Monday, 18 January 2021

Puntung Rokok Picu Amuk si Jago Merah di Krampyangan

BUGULKIDUL, Radar Bromo-Kebakaran lahan kering masih rawan terjadi di Kota Pasuruan. Apalagi saat memasuki kemarau seperti saat ini.

Hal itu seperti yang terjadi di Jalan Pati Unus, Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugulkidul, Kamis petang (20/8).

Sebuah lahan kering di lokasi tersebut terbakar sekitar pukul 18.00.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.30 oleh satu regu mobil pemadam kebakaran (damkar) Kota Pasuruan. Diduga kebakaran ini terjadi karena adanya warga yang membuang puntung rokok sembarangan di lahan tersebut.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pasuruan Samsul Hadi mengungkapkan, kebakaran lahan memang kerap terjadi di Kota Pasuruan. Bahkan, selama Agustus, BPBD mencatat telah terjadi empat kali kebakaran di lahan kosong. Jumlah ini termasuk yang terjadi di Kelurahan Krampyangan, kemarin (20/8).

“Memasuki kemarau seperti saat ini, diperkirakan kebakaran lahan masih rawan terjadi. Sebab, cuaca saat ini cenderung kering dan panas disertai angin yang cukup kencang,” ungkapnya.

Samsul menjelaskan, penyebab kebakaran lahan ini mayoritas dikarenakan gesekan ranting. Adapula yang disebabkan karena orang membuang puntung rokok sembarangan. Atau bahkan karena orang bakar sampah dan merambah ke lahan sekitar yang kering apalagi sekarang lagi musim kemarau. Dan yang perlu diwaspadai itu kebakaran hutan lahan (karhutla).

“Syukur Kota Pasuruan tidak ada hutannya. Cuma masyarakat harus selalu waspada. Misalnya saat membakar sampah di dekat lahan, sebaiknya dijaga. Karena berpotensi menyebar karena faktor angin,” terang Samsul. (riz/mie)

MOST READ

BERITA TERBARU